Sukses

Beauty

Wedang Beras Hitam, Minuman Asli Keraton

Beras hitam tidak hanya bisa dimakan sebagai nasi. Ternyata ada minuman asli Indonesia atau jamu yang bernama wedang beras hitam. Mungkin Anda jarang mendengar namanya tapi toh wedang ini benar-benar ada.

Menurut laman wedangberashitam.wordpress.com kandungan dalam beras hitam mempunyai manfaat sebagai berikut.
- Membersihkan racun dan kotoran dari dalam tubuh
- Mengembalikan fungsi organ dan metabolisme Tubuh.
- Meningkatkan sistem ketahanan tubuh.

Meski tanpa diminum pun beras hitam sudah akan memberi manfaat bagi tubuh. Jika dikonsumsi dalam bentuk minuman tentu akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Apalagi saat ini sudah ada yang memproduksinya dalam bentuk sachet.

Kurang terkenalnya wedang beras hitam ini daripada wedang jahe, bandrek, dan teman-teman, adalah karena lebih sering dikonsumsi di sekitar kalangan keraton saja. Cita rasa beras hitam sedikit mirip dengan ketan hitam, namun lebih wangi, dan sedikit “nutty”, kata laman berashitam.com. Jadi, wajar kalau tidak banyak orang yang menyukainya.

Warna hitam pada wedang beras hitam itu alami, sehingga Anda tidak perlu takut warna hitamnya tidak asli. Cara minum wedang beras hitam yang baik adalah beserta ampasnya.
Menambahkan gula aren ke dalamnya akan membuat wedang ini lebih enak rasanya.

Terlihat sederhana tanpa banyak campuran rempah dan tanaman herbal lain, tapi wedang beras ini menyimpan manfaat yang luar biasa. Kalau Anda ingin meminumnya bersiaplah dengan wanginya yang sedikit menyengat.

Oleh: Hening

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading