Sukses

Beauty

Mengenal Kayu Manis

Obat herbal dari kayu manis biasanya didapatkan dari ekstrak kayu manis. Ekstrak ini diambil dari bagian dalam batang tumbuhan kayu manis. Hingga saat ini, ekstrak kayu manis masih terus ditelitti kegunaannya sebagai obat herbal, terutama untuk mengetahui efeknya dalam pengobatan diabetes, kanker, Alzheimer, penyakit karena virus, dan juga arthritis.

Menurut cinnamonextract.net, ekstrak kayu manis didapatkan dari pohon kayu manis yang dalam bahasa Latin disebut Cinnamomum Verum dan Cinnamomom Cassia. Dalam ilmu biologi tanaman ini digolongkan sebagai family Lauraceae. Genus tanaman ini adalah Cinnamomum, dan species yang dimanfaatkan sebagai ekstrak kayu manis adalah Verum dan Cassia.

Dalam ekstrak kayu manis terkandung bahan kimia aktif berupa Methylhydroxy Chalcone Polymer (MHCP), Cinnamaldehyde (terkandung dalam minyak alami di dalam batang kayu manis), dan Coumarin, yang kandungannya ditemukan lebih tinggi dalam spesies Cassia daripada Verum. Untuk mendapatkan manfaat ekstrak kayu manis, kita cukup mengekstrasinya dengan cara merendam dalam air panas.

Kandungan bahan-bahan aktif dalam kayu manis dipercaya memiliki efek antivirus. Efek ini ditemukan paling kuat pada ekstrak kayu manis dari spesies Cinnamomum Cassia. Seperti rempah-rempah lainnya, kayu manis juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan serangan radikal bebas. Ekstrak kayu manis juga sering dimanfaatkan karena kandungannya yang bersifat anti radang. Selain itu, ekstrak kayu manis juga dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Hebatnya lagi, ekstrak kayu manis memiliki kemampuan untuk menirukan insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh manusia.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading