Sukses

Beauty

Tanaman Obat Alang-alang

Tanaman obat keluarga (TOGA) memang menjadi salah satu tanaman yang cukup dipertimbangkan sekarang ini. Tanaman-tanaman seperti ini memiliki khasiat khusus yang sangat berguna sebagai obat alternatif keluarga yang murah dan tentu saja tidak memiliki efek samping yang sama besar dengan obat-obatan medis. Obat-obatan ini pastinya lebih aman juga dikonsumsi setiap hari.

Salah satu obat yang cukup bisa diperhitungkan dalam dunia kesehatan adalah alang-alang. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat herbal yang tumbuhnya merayap di tanah. Tingginya, menurut herbalisnusantara.com, hanya sekitar 30-180 cm saja. Karena tidak terlalu tingginya ini, akan sangat mudah dan menghemat tempat ketika ditanam di area rumah.

Tanaman yang memiliki nama latin, Imperata cylindrica ini banyak tumbuh di kawasan Indonesia, provinsi Jawa Timur, Tengah maupun Barat.Terutama di kawasan yang memiliki ketinggian mencapai 270 m dpl. Daerah daerah lain yang juga sering ditumbuhi oleh tanaman ini adalah rawa-rawa, tanah yang memiliki pengairan yang baik, pada lahan yang baru saja dibuka, tepi sungai, hutan sekunder, daerah bekas terbakar, dan bahkan bisa hidup sebagai gulma di tanaman perkebunan atau ladang.

Soal, khasiatnya, alang-alang ini mengandung coixol, arundoin, cylindrin, fermenol, simiarenol serta kandungan anemonin. Nah, dengan kandungannya itu, cakrawaladunia.com menjelaskan bahwa tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit ginjal akut, muntah darah, kencing nanah, dan juga obat mimisan.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading