Sukses

Beauty

Obat Herbal, Wijaya Kusuma

Wijaya Kusuma bisa dijadikan salah satu tanaman obat yang sangat berguna sebagai obat luka. Memang tanaman ini bisa dipakai untuk tipe obat luar. Tapi juga bisa sangat bermanfaat untuk pengobatan dalam.

Tanaman obat yang satu ini memang salah satu tanaman obat berjenis kaktus. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Epiphyllum anguliger, termasuk dalam jenis anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Habitat tanaman satu ini, biasanya berada pada daerah yang tidak terlalu panas.

Cara menggunakan tanaman ini sebagai obat sangatlah gampang. Cukup tumbuk satu helai daun wijaya kusuma dan selanjutnya dioleskan pada luka yang ada. Lalu, herbalisnusantara.com menyarankan untuk memberikan perban setelah pemberian obat herbal ini.

Khasiat-obatherbal.blogspot.com, juga menambahkan bahwa jika tanaman ini digunakan sebagai obat dalam pun juga memiliki peran yang sangat ampuh. Dari sumber ini menyatakan bahwa wijaya kusuma ini mampu mengobati sesak nafas (asma), radang tenggorokan (faringitis), nyeri lambung (gastritis), muntah darah dan pendarahan rahim.

Nah, dari tanaman ini pun bisa juga dimanfaatkan bunganya. Bunga Wijayakusuma rasanya manis dan sifatnya netral. Dari bunga ini juga, sangat berkhasiat sebagai anti radang, penghenti pendarahan (hemostatis), obat batuk dan peluruh dahak (mukolitik).

Kalau untuk batang pun juga sangat bermanfaat. Batangnya rasanya asin, asam, sifatnya sejuk, dan juga berkhasiat sebagai anti radang.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading