Sukses

Beauty

Mengenal Ciri-ciri Adas

Ladies, apakah yang terlintas jika kata adas muncul? Pasti yang terbayang adalah biji kecil lonjong dan berwarna coklat sebagai bumbu dapur untuk memasak. Adas merupakan tanaman yang sering digunakan oleh orang Eropa. Tak hanya biji, bagian lain dari adas seperti batang, umbi dan daunnya juga bisa dibuat makanan.

Apa saja karakteristik dari adas ini? Menurut laman botanical-online.com adas dengan nama ilmiah Foeniculum vulgare Miller ini karakteristik fisiknya terdiri atas akar, umbi, batang daun dan bunga. Adas mempunyai tinggi sekitar 250 cm. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan yang tumbuh tegak ke atas. Akar dari adas berlubang di tengah dan tidak berambut.

Termasuk pada keluarga wortel, adas juga mempunyai umbi dan umbinya ini juga bisa dimanfaatkan untuk dimakan. Umbinya berbentuk agak bulat dan berwarna putih atau kehijauan. Daun adas merupakan daun majemuk, dengan warna hijau segar. Bentuk daunnya seperti segitiga dengan banyak pucuk daun muda diujung-ujungnya dan seperti bulu.

Tiap umbel adas ditumbuhi bungan yang berwarna kuning dengan lebar yang mencapai 8 cm. Di tiap umbelnya terdapat kurang lebih 20-50 kuntum bunga. Bunga-bunga adas ini kecil-kecil dan juga pendek. Biji adas yang kering biasa dijadikan bumbu berbentuk kecil dengan panjang hanya sekitar 4-9 milimeter.

Adas bisa dijumpai di ladang. Ada pula di pinggir jalan atau di pinggiran laut.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading