Sukses

Beauty

Mengenal Obat Alami Pribumi, Cengkeh

Ladies, ulasan kali ini membahas tanaman obat yang sering dikenal sebagai rempah-rempah yang ada di dapur. Ladies pasti sering menjumpainya sebagai bumbu masakan. Tanaman asli Indonesia ini sudah menjadi salah satu komoditas ekspor yang penting dan meluas ke seluruh dunia. Apa lagi kalau bukan cengkeh.

Cengkeh, meskipun teksturnya keras, tapi ini merupakan bunga dari pohon cengkeh. Bentuknya yang kecil berwarna cokelat gelap dan memiliki aroma khas ini bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menambah sedap masakan anda Ladies, namun juga memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh.

Cengkeh digunakan untuk aromaterapi dan mengobati sakit gigi. Mengutip dari www.whfoods.com, minyak esensial dari cengkeh mempunyai fungsi menghilangkan rasa sakit (anestetik) dan pembasmi bakteri (antimikroba). Itulah mengapa, dokter gigi seringkali menggunakan cengkeh untuk menghilangkan nyeri pada saraf gigi dan membasmi bakteri yang tertinggal di gigi.

Selain itu, bau khas yang dimiliki cengkeh bisa digunakan untuk penghilang bau mulut dikarenakan kandungan minyak atsiri pada cengkeh.

Cengkeh juga kaya akan sumber zat mangan, omega-3 asam lemak, vitamin K, serat, dan vitamin C, magnesium dan kalsium yang baik untuk perkembangan otak, tulang, dan berperan dalam pertumbuhan rambut dan kuku.

Cengkeh memang sulit untuk diolah sendirian. Biasanya cengkeh tersaji bersama makanan lain atau terselip sebagai bumbu atau penyedap rasa makanan.

Namun untuk pengobatan, di toko herbal sudah ada cengkeh dalam bentuk bubuk sehingga mudah untuk campuran minuman hangat yang anda seduh setiap hari.

Oleh : Anindya Febi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading