Sukses

Beauty

Mengenal Lebih Jauh Tentang Buah Merah

Buah Merah merupakan buah yang sudah sangat terkenak akan khasiatnya. Namun tahukah anda seperti apa buah merah itu dan dari mana asalnya?

Pandanus conoideus. Lam atau buah merah adalah salah satu hasil sumber daya alam propinsi Papua. Sesuai dengan namanya, buah ini memang berwarna merah tapi ada juga yang berwarna kuning.

Menurut kidnesia.com, oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Selain itu, buah merah sudah dikenal dan dikonsumsi sejak dahulu kala oleh masyarakat Papua yang berada di pegunungan Jayawijaya, Nabire, Timika, Jayapura, dan Manokwari.

Sementara, laman id.wikipedia.org menjelaskan ciri fisiknya sebagai berikut. Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah. Lingkaran batang tanaman buah merah kurang lebih 50 cm dan tinggi pohon mencapai 8 meter.

Tanaman buah ini memiliki jumlah cabang pohon kira-kira 5 buah dan warna batangnya coklat keputihan. Selain warnanya, buah merah memiliki bentuk serupa segitiga atau trapesium. Kalau dilihat sepintas seperti buah nangka. Buah Merah sendiri disajikan sebagai makanan pada pesta adat bakar batu di Wamena.

Buah ini menghasilkan semacam lemak yang bisa digunakan sebagai bahan pangan alternatif. Selain itu buah ini juga digunakan sebagai bahan pengobatan dan kosmetika, zat pewarna makanan, jamu, dan minyak rendah kolesterol.

Oleh: F’

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading