Sukses

Beauty

Macam-macam Penyakit Tumor - Tumor atau Kanker Payudara

Moms, seperti dijelaskan dalam ulasan terdahulu, ada banyak jenis dan ragam penyakit tumor. Dan salah satu yang paling umum menyerang wanita adalah tumor atau kanker payudara.


Secara fisiologis, payudara seorang wanita terdiri dari lemak, jaringan ikat dan ribuan lobulus, yaitu kelenjar kecil yang menghasilkan susu. Dalam payudara seorang wanita juga terdapat milyaran sel-sel mikroskopis yang berkembang biak secara teratur.

Namun jika terjangkit sel kanker, perkembangan sel ini menjadi tidak terkendali dan menjadi sangat berlebih. Sehingga tumor akan semakin membesar dan berpotensi berubah menjadi tumor ganas atau yang juga sering disebut dengan kanker payudara.

Menurut laman medicalnewstoday.com, terdapat dua macam penyakit kanker payudara. Kedua jenis ini adalah kanker payudara invasif dan non-invasif.

Jika seorang wanita menderita kanker payudara invasif, sel-sel kanker keluar dari dalam lobulus atau duktus dan menyerang jaringan di dekatnya. Sedangkan kanker non-invasif, sel kanker masih berada dalam tempat asalnya dan tidak pecah. Namun, jika dibiarkan berlarut, kanker non-invasif bisa saja berkembang dan menjadi invasif.

Selain mengetahui jenisnya, tentu penting juga mengenali gejala-gejala apa saja yang timbul jika terkena penyakit tumor atau kanker payudara. Pada awalnya, gejala umum bisa dimulai dengan terjadi penebalan, atau benjolan, di salah satu area payudara.

Yang menyulitkan, pada tahapan ini benjolan tersebut belum bisa dipastikan secara jelas apakah mengindikasikan perkembangan kanker atau hanya kelainan biasa. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memeriksakan tubuh anda secara rutin, jika perlu, tanpa harus menunggu Ladies sudah merasakan benjolan tersebut atau belum.

Gejala selanjutnya adalah timbulnya rasa sakit di ketiak. Kemudian Bunda juga harus waspada jika timbul rona kemerahan pada kulit payudara. Jika kondisi ini masih berlanjut diikuti kulit puting mengelupas, anda harus segera memeriksakan kondisi tersebut untuk memastikan ada tidaknya indikasi terdapat gejala tumor.

Yang perlu Bunda sadari, sebagai seorang wanita, adalah pajanan resiko yang cukup tinggi terhadap penyakit tumor atau kanker payudara, terlepas dari bidang pekerjaan yang Bunda tekuni saat ini. Makanya, tingginya resiko tersebut sudah seharusnya memacu Bunda untuk terus menjaga dan memelihara kesehatan serta kebersihan anggota tubuh, sembari tetap menghindari konsumsi sembarang makanan apalagi yang mengandung banyak bahan kimia berbahaya.

Oleh : Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading