Sukses

Beauty

Mengatasi Sesak Nafas? Lihat Dulu Penyebabnya Disini! (Bagian 5)

Ladies, di akhir bagian artikel sebelumnya telah dijanjikan ulasan mengenai penyebab sesak nafas yang lain. Pada artikel ini, diulas penyebab tersebut dengan harapan bisa membantu Anda memutuskan langkah terbaik untuk mengatasi sesak nafas.

Menurut laman about.com, penyebab sesak nafas selanjutnya adalah pada permasalahan membawa oksigen di dalam aliran darah. Ada beberapa hal yang menyebabkan transportasi oksigen dalam darah tenganggu.

Pada umumnya, ada dua jenis penyebab yang sering muncul. Yang pertama adalah keracunan karbon monoksida. Konsep terjangkitnya sederhana meski dalam level molekul. Pada intinya, sel darah merah hanya mampu berikatan dengan salah satu diantara oksigen dan karbon dioksida.

Katakanlah ada 100 sel darah merah sebagai tenaga transportasi. Semua sel mampu mengikat salah satu diantara oksigen dan karbon dioksida. Tidak ada sel darah yang memiliki fungsi khusus mengangkut oksigen saja atau karbon dioksida saja.

Bila normalnya 50 sel darah merah mengangkut oksigen, jadi kemampuan armada mengangkut karbon monoksida tersisa 50 lainnya. Bila terjadi keracunan karbon dioksida, terlalu banyak armada sel darah merah yang mengikat karbon doiksida di dalam tubuh.

Sehingga, sel darah merah yang mengikat oksigen kekurangan armada padahal dengan jumlah armada tersebut sel darah merah tidak mampu memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Akibatnya jelas sesak nafas.

Lalu, bagaimana dengan penyebab selanjutnya? Simak selengkapnya pada artikel berikutnya. Stay tuned!

Oleh : A. Gusti Efendy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading