Sukses

Beauty

Kesamaran Ciri Penyakit Ginjal

Siapapun beresiko menderita penyakit ginjal. Sayangnya, meskipun penyakit ini mudah ditemukan pada siapa saja, ciri penyakit ginjal yang menyertainya tidak selalu muncul dengan jelas, lho.

Dilansir dari mayoclinic.com, biasanya, gejala penyakit ginjal akan muncul secara bertahap dan perlahan-lahan. Gejala-gejala itu pun tidak spesifik, dan cenderung sudah dianggap sebagai bagian hidup sehari-hari Anda.

Siapa sangka pusing, kehilangan nafsu makan, cegukan, dan kesulitan tidur ternyata merupakan gejala awal akan adanya gangguan ginjal? Selain itu, penyakit ini juga hanya akan menampakkan ciri-ciri samar lainnya, seperti nafas pendek, penurunan penajaman pikiran, nyeri sendi, kram perut, nyeri pada dada, dan darah tinggi.

Karena kebanyakan penyakit ginjal muncul pada orang-orang lanjut usia, maka seringkali pertanda-pertanda tersebut hanya dianggap sebagai dampak dari proses penuaan yang wajar. Malah, bisa jadi gejala yang dialami penderita disalahartikan sebagai penyakit lain, seperti nafas pendek dan nyeri pada dada yang rancu dengan gejala asma.

Hmm, sepertinya, ciri gangguan ginjal yang paling kentara hanyalah perubahan warna dan frekuensi urin yang disertai dengan pembengkakan di daerah kaki ya, Ladies. Namun, tidak spesifiknya sebagian besar gejala itu juga bisa berarti bahwa, gejala tersebut disebabkan oleh penyakit lain yang timbul karena komplikasi dari penyakit ginjal.

Tambahan lagi, ginjal kita mempunyai kemampuan yang sangat tinggi dalam beradaptasi dan mengkompensasikan fungsi yang telah hilang. Inilah yang menyebabkan ciri-ciri penyakit tersebut tidak akan muncul ke permukaan hingga ginjal tidak lagi bisa menutupi kerusakan yang timbul. Artinya, pada tahap ini ginjal sudah berada dalam tingkat kerusakan yang parah.

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading