Sukses

Beauty

Sepenting Apa Penyembuhan Hepatitis A Secara Serius?

Penyembuhan Hepatitis A memang biasanya tak lebih kompleks dibandingkan dengan proses pengobatan Hepatitis C. Hepatitis A adalah penyakit hati akut yang disebabkan oleh HAV (Hepatitis A Virus). Dikatakan akut karena penyakit ini datang tiba-tiba dan biasanya tak bertahan lama.

Gejala-gejala HAV banyak yang ringan, seperti penyakit yang mirip dengan flu. Namun gejala-gejala lain dapat juga cukup berat, seperti sakit perut parah dan diare. Sekitar 20% penderita Hepatitis A harus dirawat di rumah sakit, dan tiga hingga lima dari 1000 pasien meninggal karena penyakit tersebut.

Inilah mengapa, penyembuhan penyakit ini harus dilakukan secara serius. Konsultasi dengan dokter harus dilakukan secara berkala agar penyembuhan dapat dilakukan secara optimal.

Sebagian besar anak-anak (sekitar 90%) berusia di bawah 6 tahun yang menderita Hepatitis A bebas dari beragam gejala yang mengganggu. Namun meski mereka tak terlihat sakit, virus Hepatitis A tetap ada di tinja mereka, dan penyakit dapat menular ke siapapun dan kapan pun. Bagi orang tua yang anaknya menderita Hepatitis A, mereka perlu menjaga diri agar tak tertular.

Setelah seseorang menderita Hepatitis A dan berhasil sembuh, tubuhnya akan membentuk kekebalan alami. Di masa depan kemungkinan ia terserang virus Hepatitis A kembali sangat kecil. Meskipun demikian, ia masih mungkin terinfeksi virus Hepatitis B atau C.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading