Sukses

Beauty

Penyembuhan Hepatitis B Kronis Dengan Peginterferon

Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Oleh karena itu, salah satu cara penyembuhan hepatitis B ini adalah dengan memerangi virus tersebut. Ada setidaknya dua obat antivirus yang biasanya digunakan untuk menangani Hepatitis B. Yang pertama adalah Nucleoside Analogs dan yang kedua adalah Pegulated Interferon alfa.

Interferon adalah duplikat yang dibuat manusia dari protein yang dibentuk tubuh sebagai respon dari infeksi. Interferon dapat membantu system kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Dalam hal ini, interferon dapat membantu tubuh untuk memperlambat atau menghentikan perkembangan virus Hepatitis B dalam tubuh.

Interferon diberikan dalam frekuensi 3 kali seminggu. Peginterferon, yang dirilis secara perlahan dalam tubuh, diberikan dalam bentuk suntik seminggu sekali, atau lebih. Peginterferon biasanya lebih sering digunakan untuk Hepatitis B daripada interferon. Pengobatan dengan interferon biasanya berkisar antara 4 bulan hingga 1 tahun.

Interferon digunakan untuk menangani Hepatitis B kronis pada anak-anak dan orang dewasa yang memiliki kecenderungan mengalami kerusakan hati. Meskipun demikian, interferon tak disarankan bila pasien Hepatitis B mengonsumsi obat-obatan illegal atau terlalu banyak meminum alkohol. Obat ini juga tak disarankan untuk pasien yang pernah mengalami transplantasi organ hati atau cirrhosis. Selain hal-hal tersebut, level virus hepatitis dan beragam enzim dalam hati pun perlu diperiksa, agar tak terjadi kesalahan pemilihan dosis atau tindakan.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading