Sukses

Beauty

Penyembuhan Hepatitis A, Haruskah Dirawat di Rumah Sakit?

Haruskah penyembuhan Hepatitis A melibatkan perawatan di rumah sakit? Jawabannya adalah tergantung kondisi sang pasien. Kebanyakan orang merasa baikan setelah 3 bulan pasca terinfeksi virus Hepatitis A. Untuk penyembuhan total biasanya membutuhkan waktu selama 6 bulan. Namun sekitar 15% dari penderita Hepatitis A harus merasakan gejala-gejala penyakit tersebut selama 6 hingga 9 bulan sejak terinfeksi.

Komplikasi paling serius dari Hepatitis A dapat berujung kematian. Kasus seperti ini jarang terjadi, namun mungkin saja menimpa orang dewasa atau berusia lanjut yang sebelumnya telah memiliki infeksi hati sebelumnya. Angka kematian anak-anak karena virus Hepatitis A sangat kecil, hanya 0,1% dari keseluruhan kasus.

Berbeda dengan penderita Hepatitis jenis lain, orang-orang dengan Hepatitis A biasanya tak terserang kerusakan hati kronis seperti penderita jenis hepatitis lain. Namun bila menginkan monitoring yang lebih optimal, perawatan di rumah sakit lebih disarankan. Pengawasan ketat dapat menanggulangi komplikasi apapun yang mungkin terjadi, seperti misalnya pendarahan.

Jika Anda atau keluarga Anda terinfeksi virus Hepatitis A, maka hal yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah berkonsultasi dengan dokter, agar pemeriksaan dapat dilakukan dengan baik. Selain itu, konsultasi yang baik akan mengarahkan Anda ke pengobatan dengan cara yang paling tepat dan sesuai. Dokter juga akan membantu Anda menentukan langkah-langkah apa yang harus Anda ambil untuk mencegah penyebaran virus.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading