Sukses

Beauty

Mengistirahatkan Kerja Hati Demi Penyembuhan Hepatitis A

Penyembuhan hepatitis A erat kaitannya dengan kesehatan dan kinerja hati. Oleh karena itu, sangat penting menjaga hati hingga sang penderita Hepatitis A benar-benar sembuh agar penyakit tak semakin parah. Ini berarti seorang pasien harus berhenti meminum alkohol sama sekali selama masa penyembuhan. Hal ini perlu dilakukan karena hati lah yang bertanggung jawab memisahkan alkohol dari aliran darah dalam tubuh manusia.

Selain memisahkan alkohol dari aliran darah, hati juga berfungsi untuk memproses berbagai pengobatan yang berbeda, termasuk pereda nyeri. Oleh karena itu, penting untuk menghindari jenis-jenis obat pereda nyeri tertentu, atau setidaknya mengurangi dosisnya, hingga seorang pasien benar-benar sembuh. Diperlukan resep dokter untuk konsumsi pereda nyeri agar tetap aman.

Jika seorang pasien masih tak yakin seperti apa kondisi hatinya, maka sebaiknya ia segera berkonsultasi dengan dokter dan menjalani pemeriksaan. Meremehkan kondisi hati sangat tak disarankan, mengingat hati memerankan peranan penting dalam system tubuh manusia. Dengan kondisi hati yang sehat, penyakit Hepatitis A juga akan dapat segera berkurang hingga akhirnya semua gejala-gejalanya hilang.

Beberapa makanan memiliki efek baik untuk liver. Diantaranya adalah bawang putih, anggur, sayur-sayuran hijau, teh hijau, alpukat, dan lemon. Sebaliknya, selain alkohol penderita Hepatitis A juga perlu menghindari kopi dan gula putih. Untuk menyehatkan hati, berolahraga dan minum banyak air putih juga akan sangat membantu.

Oleh: Chrysant Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading