Sukses

Beauty

Bulimia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas pengertian, ciri-ciri, dan korban penyakit bulimia nervosa. Kali ini, akan diulas penyebab dan tanda-tanda penyakit yang disebabkan gambar tubuh atau body image negatif ini.

- Penyebab bulimia nervosa

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, pemicu bulimia nervosa adalah diet, rasa stres, atau emosi yang tidak stabil seperti marah dan juga sedih. Yang menyebabkan terjadinya pemicu-pemicu di atas belum dapat ditentukan dengan pasti Ladies.

Namun, hampir sama seperti penyakit anoreksia nervosa, diperkirakan faktor-faktor yang menjadi penyebab adalah budaya, keluarga, perubahan hidup atau kejadian yang membuat stres, body image negatif, dan biologi.

- Tanda-tanda bulimia nervosa

Berat badan penderita bulimia nervosa ini bisa bermacam-macam. Ada yang sangat kurus, ada yang normal-normal saja, ada juga yang berat badannya sangat besar.

Perilaku penderita penyakit ini yaitu mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak biasanya dilakukan secara diam-diam. Hal ini disebabkan dia merasa malu dengan tindakannya tersebut, tapi dia tidak memiliki cara lain agar membuat pikirannya tenang.

Akibatnya, cukup sulit untuk menentukan seseorang mengalami bulimia nervosa atau tidak. Namun, biasanya ada tanda-tanda lain seseorang mengalami penyakit ini, yaitu:

- menggunakan obat diet;
- selalu pergi ke kamar mandi setelah makan (untuk memuntahkan makanan);
- berolahraga secara berlebihan;
- pipi dan rahang membengkak karena sering muntah;
- kapalan dan goresan pada buku jari karena sering memasukkan tangan ke mulut untuk menginduksi rasa mual;
- gigi yang terlihat sangat bersih; dan
- pembuluh darah di mata rusak.

Di artikel selanjutnya akan diulas dampak bulimia nervosa pada tubuh secara keseluruhan. Simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading