Sukses

Beauty

Bulimia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (III)

Di ulasan sebelumnya telah dibahas penyebab dan tanda-tanda penyakit bulimia nervosa. Sekarang akan dibahas dampak penyakit yang disebabkan gambar tubuh atau body image negatif ini pada seluruh tubuh.

- Otak
Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, otak akan terus berpikiran secara negatif, mulai dari cemas, khawatir, depresi, takut mengalami kenaikan berat badan, dan malu. Pikiran negatif tersebut akhirnya membuat harga diri menjadi turun. Penderita penyakit ini juga sering mengalami pusing.

- Pipi
Pipi menjadi bengkak dan kesakitan.

- Mulut
Penderita berisiko mengalami gigi berlubang, erosi enamel gigi, penyakit gusi, dan gigi sensitif (rasa ngilu saat mengonsumsi makanan yang dingin atau panas).

- Tenggorokan dan kerongkongan
Tenggorokan dan kerongkongan menjadi sakit, iritasi, dan berdarah. Penderita juga bisa saja memuntahkan darah saat berusaha memuntahkan makanannya.

- Otot
Otot menjadi mudah lelah.

- Perut
Perut menjadi sakit dan bisa saja mengalami pendarahan. Penderita juga berisiko mengalami maag dan gangguan proses pencernaan.

- Kulit
Kulit menjadi kering. Bagian buku jari menjadi lecet.

- Darah
Penderita berisiko mengalami anemia.

- Jantung
Denyut jantung menjadi tidak wajar, otot jantung menjadi lemah, dan tekanan darah serta denyut nadi menjadi rendah. Penderita juga berisiko mengalami gagal jantung.

- Cairan tubuh
Penderita berisiko mengalami dehidrasi. Kandungan potasium, magnesium, dan sodium menjadi rendah.

- Ginjal
Muncul masalah karena sering memaksakan diri untuk kencing.

- Usus
Buang air besar tidak lancar, usus membengkak, dan usus mengalami kram. Penderita juga berisiko mengalami konstipasi atau diare.

- Hormon
Menstruasi tidak berjalan secara normal.

Simak cara mengobati bulimia nervosa di artikel selanjutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading