Sukses

Beauty

Bulimia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (IV)

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan dampak bulimia nervosa pada seluruh tubuh. Kali ini, akan dijelaskan cara mengobati penyakit yang disebabkan gambar tubuh atau body image negatif ini.

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, penyakit ini bisa disembuhkan dengan menggunakan bantuan dari dokter, ahli nutrisi, dan ahli terapi. Mereka akan membantu penderita penyakit ini agar pola makannya kembali normal dan pikiran-pikiran negatifnya mengenai berat badan dapat dihilangkan.

Cara yang digunakan oleh dokter untuk mengobati penyakit ini ada dua macam, yaitu:

- memberikan nasihat mengenai nutrisi dan memberikan psikoterapi; dan
- memberikan obat.

Psikoterapi yang cukup efektif untuk mengobati penyakit ini adalah Cognitive Behavioral Therapy (CBT). CBT adalah terapi yang berfokus pada pemikiran seseorang mengenai bagaimana perasaan orang tersebut dan apa yang seharusnya dilakukan oleh orang tersebut. CBT dapat dilakukan secara empat mata (satu dokter dan satu pasien) atau dilakukan secara berkelompok (satu dokter dan banyak pasien).

Berdasarkan U.S. Food and Drug Administration, obat yang diperbolehkan penggunaannya untuk mengobati penyakit bulimia nervosa hanyalah obat yang mengandung fluoxetine.

Obat ini akan membantu meredakan rasa cemas dan depresi pasien. Selain itu, obat ini juga dinilai dapat membantu pembentukan pola makan yang normal serta membantu mencegah penyakit ini datang kembali.

Simak hubungan antara bulimia nervosa dan kehamilan di artikel berikutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading