Sukses

Beauty

Bulimia Nervosa, Dampak Buruk Gambar Tubuh atau Body Image Negatif (V)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan cara mengobati bulimia nervosa. Sekarang akan dijelaskan hubungan antara kehamilan dan penyakit yang disebabkan gambar tubuh atau body image negatif ini.

Seperti dilangsir dari laman womenshealth.gov, salah satu efek dari penyakit bulimia nervosa adalah gangguan pada siklus menstruasi seorang wanita. Jadwal menstruasi menjadi tidak normal, atau bahkan wanita tersebut tidak menstruasi sama sekali.

Apabila hal tersebut terjadi, wanita akhirnya tidak mengalami proses ovulasi (pelepasan sel telur dari folikel, kemudian sel telur berkembang di dalam rahim). Akibatnya, wanita menjadi sulit untuk hamil.

Apabila wanita ingin hamil, wanita tersebut harus sembuh dari penyakit bulimia nervosa dahulu. Namun, setelah sembuh biasanya wanita tidak bisa langsung hamil Ladies. Wanita tersebut harus menunggu selama beberapa saat sampai siklus menstruasinya kembali normal.

Selain mengganggu siklus menstruasi seorang wanita, penyakit bulimia nervosa ini juga dapat menimbulkan dampak lain bagi wanita yang hamil beserta bayinya, yaitu:

- keguguran;
- tekanan darah yang tinggi pada wanita;
- bayi lahir, tapi tidak lama kemudian meninggal;
- bayi lahir dengan mengeluarkan kaki atau pantatnya dahulu (bukan kepalanya dahulu);
- bayi lahir prematur;
- berat badan bayi terlalu kecil;
- bayi lahir dengan cara caesar;
- cacat pada bayi, bisa kebutaan atau keterbelakangan mental;
- sulit memberikan ASI pada bayi;
- depresi setelah wanita melahirkan; dan
- diabetes pada wanita tersebut.

Sayangi bentuk tubuh Anda dan sayangi calon buah hati Anda di masa depan agar Anda terhindar dari penyakit ini ya Ladies!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading