Sukses

Beauty

Cara Membentuk Tubuh dengan Mengatur Nutrisi Anda (I)

Nutrisi merupakan salah satu poin penting untuk menjaga kesehatan seseorang. Selain berguna bagi kesehatan, asupan nutrisi yang diatur dengan pas merupakan cara membentuk tubuh agar menjadi lebih ramping dan seksi.

Seperti dilangsir dari laman bodybuilding.com, ada beberapa poin mengenai asupan nutrisi yang perlu Anda konsumsi. Poin pertama adalah asupan kalori Anda.

Pengaturan asupan kalori merupakan hal yang mungkin cukup sulit Ladies. Pertama, Anda perlu mengetahui kebutuhan kalori harian Anda sesuai dengan berat badan Anda. Formulanya adalah: berat badan x 23 kkal =kebutuhan kalori harian Anda.

Misalkan berat badan Anda 60 kg, kebutuhan kalori harian Anda adalah: 60 kg x 23 kkal = 1380 kkal

Kemudian, pecah kebutuhan kalori harian tersebut dengan perbandingan 40:40:20. Asupan kalori harian seseorang bersumber dari 3 jenis nutrisi Ladies, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak.

Nah, perbandingan tersebut digunakan untuk menentukan asupan 3 jenis nutrisi tersebut, yaitu 40% untuk karbohidrat, 40% untuk protein, dan 20% untuk lemak. Misalkan kebutuhan kalori harian Anda adalah 1380 kkal, berikut ini asupan kalori dari karbohidrat, protein, dan lemak:

- asupan karbohidrat harian: 1380 kkal x 40% = 552 kkal;
- asupan protein harian: 1380 kkal x 40% = 552 kkal; dan
- asupan lemak harian: 1380 kkal x 20% = 276 kkal.

Setelah asupan tiga jenis nutrisi tersebut diketahui, Anda perlu menentukan makanan apa yang akan Anda konsumsi untuk memenuhi tiga angka tersebut. Simak ulasannya di artikel selanjutnya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading