Sukses

Beauty

Anatomi Tubuh Manusia: Memahami Gangguan Sistem Pernafasan

Anatomi tubuh manusia adalah ilmu pengetahuan yang mengulas tentang semua komponen penyusun tubuh manusia termasuk sistem pernafasan. Namun sebelumnya, apakah yang sudah Ladies ketahui tentang sistem pernafasan?

Mengutip informasi yang dilangsir pada health.howstuffworks.com, sistem pernafasan didefinisikan sebagai sebuah kumpulan jaringan dan organ pada tubuh yang memungkinkan seorang manusia untuk bernafas. Sistem ini tersusun dari saluran pernafasan yang terdiri dari hidung, mulut, larynx, trachea, tuba bronchial, paru – paru, pembuluh darah dan otot – otot.

Oleh karena tersusun dari berbagai komponen dan organ, kemungkinan terjadinya gangguan terhadap sistem pernafasan sangat besar. Beberapa masalah yang dapat timbul antara lain:

- Laryngitis

Adalah gangguan yang timbul akibat pembengkakan di bagian Larynx. Gejala yang timbul antara lain adalah demam dan suara serak. Meski begitu gangguan ini akan hilang dengan sendirinya.

- Bronchitis

Bronchitis adalah penyakit yang timbul di bagian tuba bronchiola akibat infeksi virus. Gejala yang timbul antara lain adalah batu berdahak yang tak kunjung sembuh. Untuk mengatasinya, penderita harus mengkonsumsi obat tertentu dan memperbanyak minum air.

- Asthma

Penyakit asma adalahh gangguan pada sistem pernafasan yang disebabkan oleh dua faktor yaitu keturunan dan alergi. Penyakit ini bersifat tidak bisa disembuhkan. meski begitu, gejala sesak nafas dan mengi yang terjadi dapat diminimalisir dengan berbagai metode termasuk olahraga.

- Tuberculosis

TBC adalah salah satu penyakit kronis yang diakibatkan oleh serangan bakteri. Gejala dari penyakit ini adalah batuk kering di setiap malam. Pada keadaan yang telah parah, penderita mengalami muntah darah. Proses pengobatan medis secara intensif dapat menyembuhkan gangguan sistem pernafasan ini.

Semoga bermanfaat.

Oleh : Marintan Widi Lestari

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading