Sukses

Beauty

Penyakit Gula: Diabetes Tipe 1

Ladies, penyakit gula yang sat ini memang mesti diwaspadai. Selain dari gejalanya yang tidak terlihat, gejala-gejala tersebut juga terlihat sama sekali tidak berbahaya. DIlansir oleh medicalnewstoday.com, terdapat beberapa jenis diabetis, salah satunya adalah diabetes tipe 1.

Diabetes tipe 1 ini merupakan penyakit yang berasal dari daya tahan tubuh seseorang itu sendiri. Jadi ya, Ladies, pada diabetes tipe 1 ini, antibodi dalam tubuh justru merusak insulinnya sendiri di dalam pankreas.

Dari gambaran singkat diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa orang yang mengalami diabetes tipe 1 tak dapat memproduksi insulin. Kebanyakan dari pasien yang menderita diabetes jenis ini berada pada usia di bawah 40 tahun. Jika dirata-rata, sekitar 15% dari semua orang yang menderita diabetes, terkena jenis ini.

Diabetes tipe 1 ini sangat berbahaya bila orang tersebut tak rajin meminum penambah insulin. Beberapa pasien mungkin memilih untuk melakukan transplantasi pankreas agar tubuhnya dapat memproduksi insulin lagi seperti sedia kala.

Diabetes jenis ini juga dikenal sebagai diabetes anak-anak. Meskipun begitu, anak berusia sekitar 18 tahun pun juga rentan terkena diabetes jenis ini. Tetapi untuk usia diatas 40 tahun, jarang sekali ditemukan seseorang yang menderita deabetes tipe 1 ini.

Diabetes dengan jenis 1 ini agaknya sulit dicegah karena sulit diketahui. Kebanyakan dari mereka memiliki berat badan normal dan bahkan tampak sehat. Olah raga atau pun diet tidak berpengaruh pada hilangnya insulin. Bahkan beberapa penelitian yang dilakukan untuk memperlambat penghancuran insulin dalam tubuh pun belum terbukti.

Oleh : Isti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading