Sukses

Beauty

Gejala Lupus pada Penderita Drug-Induced Lupus

Dari artikel-artikel sebelumnya, Ladies tentu telah mengetahui jenis–jenis penyakit lupus, bukan? Penyakit lupus dikenal merupakan kebalikan dari penyakit HIV/AIDS. Jika HIV/AIDS mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, maka sebaliknya, lupus merupakan penyakit dengan sistem kekebalan tubuh yang berlebih, dan bisa dipicu oleh hal-hal tertentu.

Salah satunya, yaitu jenis penyakit Drug-Induced Lupus (DIL), merupakan penyakit lupus yang disebabkan oleh obat – obatan tertentu. Biasanya obat-obat jantung tertentu memunculkan gejala mirip SLE, namun lebih ringan. Umumnya penyakit ini menghilang begitu pemakaian obat dihentikan.

Berdasar info langsiran dari laman putierplacernta.com disebutkan bahwa drug induced lupus (DIL) umumnya diderita oleh pria dengan masalah jantung. Sebabnya, pemakaian beberapa jenis obat, seperti hydralazine dan procainamide, lebih umum digunakan oleh pria.

Selain dua obat tersebut, pemakaian obat jenis sulfa juga disinyalir bisa memicu lupus. Namun, tidak semua orang yang menggunakan obat tersebut terbukti terjangkit penyakit ini.

Ditambahkan laman penyakitlupus.net bahwa gejala yang timbul dapat berupa nyeri sendi, nyeri otot, dan demam ringan untuk kebanyakan orang. Tanda dan gejala biasanya hilang ketika anda berhenti menggunakan obat yang menyebabkan lupus jenis ini terjadi.

Langkah pengobatan yang dapat Ladies ambil adalah dengan menandai obat – obat apa saja yang memicu munculnya gejala seperti lupus. Selanjutnya Ladies dapat menghentikan penggunaan dari obat tersebut. Tentunya segera menghubungi dokter agar dokter dapat meresepkan obat – obat lain yang tidak memicu munculnya gejala lupus.

Oleh: rosy

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading