Sukses

Beauty

Kontasepsi Oral sebagai Penyebab Kanker Serviks

Ladies, kanker servik adalah penyakit yang berbahaya hingga saat ini. Namun, tahukah Anda penyebab kanker servik itu sendiri? Penyebaba kanker servik ada berbagai macam , salah satunya adalah dengan kontrasepsi oral. Bagaimanakah mungkin kontrasepsi oral dapat meningkatkan resiko kanker?

Melangsir dari www.cancer.gov, pada penggunaan kontrasepsi oral pada wanita dapat mepengaruhi hormon esterogen dan progesteron. Pada kontrasepsi oral atau pil KB mengandung hormon wanita sehingga mempengaruhi hormon esterogen dan progesteron.

Hormon-hormon pada kontrasepsi oral dapat mengubah kerentanan sel serviks terhadap infeksi HPV. Sehingga membuat HPV menjadi lebih mudah berkembang dalam sel serviks yang kemudian bisa berkembang menjadi sel kanker.

Menurut para peneliti bahwa pada penggunaan jangka panjang dari kontrasepsi oral, dengan jangka waktu 5 tahun atau lebih dapat meningkatkan kanker serviks. Dalam sebuah analisis studi epidemiilogi menemukan bahwa semakin lama dan semakin sering seorang wanita menggunakan kontrasepsi oral dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker serviks.

Begitu juga sebaliknya, para peneliti menemukan turunnya resiko penyakit kanker serviks pada wanita yang berhenti menggunakan ataupun wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi oral.

Dalam laporan tahun 2002 oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker yang juga merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia menemukan hubungan antara kontrasepsi oral dan resiko terkena penyakit kanker serviks.

Sedikit inforamsi, semoga bermanfaat ya ladies.

Oleh : M. S. Rizal

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading