Sukses

Beauty

Faktor Sosial-Ekonomi sebagai Penyebab Kanker Serviks

Ladies, kanker servik adalah penyakit yang menyerang pada wanita. Organ servik atau leher rahim adalah organ yang terserang oleh sel-sel kanker yang kemudian berkembang menjadi kanker servik. Penyebab kanker servik sangat beragam salah satunya adalah faktor sosial dan ekonomi.

Melangsir dari www.medicalnewstoday.com, beberapa kanker serviks diketahui disebabkan dengan serangan dari virus HPV (human papilloma virus). Namun, dalam penelitian juga menemukan adanya faktor dasar penyebab serangan dari virus HPV (human papilloma virus).

Ladies, faktor dasar penyebab berkembangnya virus HPV (human papilloma virus) adalah karena tingkat social dan ekonomi. Wanita yang memiliki tingkat sosial dan ekonomi yang rendah, cenderung lebih banyak terserang oleh virus ini yang kemudian berkembang menjadi kanker serviks.

Berbeda dengan wanita yang memilki tingkat sosial dan ekonomi yang tinggi yang lebih sedikit terserang penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh tingkat pengetahuan mereka tentang penyakit ini. Kanker serviks adalah penyakit yang harus diketahui sejak awal.

Selain pengetahuan tentang penyakit yang kurang, juga disebabkan oleh keadaan seorang wanita yang kurang melakukan screening untuk mencegah dan mengetahui tumbuhnya kanker serviks pada tubuhnya.

Ladies, bagi Anda yang mampu dan sering melakukan screening kemungkinan terkena penyakit ini akan berkurang. Namun, akan berbeda dengan wanita yang jarang melakukan screening atau bahkan tidak sama sekali melakuka screening, hal ini yang dapat meningkatkan resiko terserang penyakit ini.

Oleh : M. S. Rizal

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading