Sukses

Beauty

Jintan, Bahan Sederhana yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh (I)

Jintan merupakan biji tanaman yang mudah ditemui Eropa, Afrika, dan Asia. Jintan memiliki berbagai macam nutrisi yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apabila Anda ingin mengetahui manfaat-manfaat dari jintan, simak ulasannya berikut ini.

- Mencegah konstipasi

Seperti dilangsir dari laman nutrition-and-you.com, jintan merupakan biji tanaman yang kaya akan serat. Di dalam 100 gram jintan, kandungan serat di dalamnya adalah 38 gram. Dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti jintan, Anda akan terlindungi dari konstipasi karena serat dapat mempercepat laju makanan di dalam usus.

- Mencegah kanker usus besar

Serat yang ada di dalam jintan berfungsi untuk mengikat racun-racun yang ada di dalam makanan. Karena racun-racun tersebut terikat, usus besar akan aman dari serangan kanker, Ladies.

- Mengurangi kolesterol buruk

Serat di dalam jintan juga mengikat empedu garam yang dihasilkan oleh kolesterol, Ladies. Ketika empedu garam tersebut melewati usus, hanya sedikit empedu garam yang terserap kembali, dan sisanya akan dibuang. Akhirnya, kolesterol buruk di tubuh Anda akan menurun.

- Melindungi tubuh dari radikal bebas

Di dalam jintan terdapat bermacam-macam antioksidan. Di antaranya adalah lutein, karoten, kripto-xanthin, dan zea-xanthin. Antioksidan tersebut akan melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga Anda akan aman dari kanker, infeksi, dan penyakit saraf degeneratif.

- Membantu produksi sel darah merah

Jintan dapat mengandung zat tembaga dan zat besi dalam jumlah yang cukup banyak. Kedua zat itulah yang digunakan dalam proses produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Di artikel berikutnya akan diulas manfaat-manfaat lain dari jintan. Simak terus ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading