Sukses

Beauty

Obat Penyakit Ginjal: ACE Inhibitor Penurun Tekanan Darah

Peran organ ginjal di dalam tubuh sangat lah penting, teruma dalam hal menyaring darah dan membuang zat sisa yang dikumpulkan berupa air seni yang kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh, Jika terlaku banyak zat sisa atau sampah di dalam tubuh, secara perlahan hal ini akan meracuni tubuh.

Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka akan timbul penyakit yang menyerang organ penting tersebut. Jika sudah begini, ginjal perlu obat untuk mencegah penyakit semakin parah dan secara perlahan mengembalikan kesehatan ginjal. Berdasarkan kutipan dari www.webmd.com, Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor merupakan salah satu jenis obat yang biasa digunakan oleh penderita penyakit ginjal untuk meredakan tekanan darah tinggi.

Orang dengan penyakit ginjal seringkali mengalami hipertensi, dan untuk itu diperlukan obat menurun tekanan darah tinggi. Cara kerja ACE inhibitor sendiri adalah dengan memblokir enzim yang diperlukan untuk membentuk suatu zat yang akan mempersempit pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah akan merasa rileks dan melebar sehingga memudahkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

Obat-obatan sejenis juga dapat meningkatkan pelepasan air dan natrium pada urin yang akan menurunkan tekanan darah. Bukan hanya diminum untuk menurunkan tekanan darah, terkadang obat ACE inhibitor juga digunakan dengan obat lain seperti diuretik untuk melancarkan buang air kecil.

Tidak hanya digunakan sebagai obat penyakit ginjal saja lho Ladies, ACE inhibitor juga digunakan sebagai obat penderita serangan jantung untuk membantu meringankan kerja jantung dan penyakit diabetes karena membantu mengurangi kadar gula darah dan melindungi ginjal dari kerusakan, Ladies.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading