Sukses

Beauty

Pengobatan Penyakit Lupus: Steroid

Jika banyak binaragawan atau bodyguard yang ingin cara cepat membesarkan otot, biasanya mereka akan memilih mengonsumsi steroid sehingga otot bisa menggembung-gembung besar dari seluruh tubuhnya.

Berdeda hal jika menyangkut penyakit lupus. Seperti dikutip dari www.everydayhealth.com, steroid adalah obat yang paling umum digunakan untuk mengobati penyakit lupus. Steroid adalah obat-obat yang berhubungan dengan kortisol, hormon alami yang bersifat anti-inflamasi di dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, tanpa obat steroid, diyakini bahwa setengah dari semua pasien lupus akan meninggal dalam waktu empat tahun. Sebegitu besarnya peran obat steroid sehingga tidak heran, penggunaannya sudah biasa di kalangan penderita lupus.

Meski begitu, steroid memiliki banyak efek samping dan seharusnya hanya digunakan selama mereka dibutuhkan saja, Ladies. Penggunaan juga sebaiknya dalam batas normal yang dianjurkan dokter atau dalam batas dosis rendah. Jika penyakit sudah bisa disembuhkan, akan lebih baik segera menghentikan penggunaan obat ini.

Menghentikan penggunaan steroid secara tiba-tiba atau mendadak juga bisa berbahaya, jadi selalu ikuti aturan dan perintah dokter Anda dengan hati-hati ketika mengonsumsi obat steroid. Beberapa efek samping serius yang bisa ditimbulkan karena penggunaan obat steroid mencakup terjadinya infeksi, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kerusakan tulang.

Itu lah mengapa, jika Anda sudah tidak membutuhkan obat ini lagi karena penyakit sudah sembuh dan perintah dokter menganjurkan untuk menghentikan pemakain, sebaiknya dipatuhi ya.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading