Sukses

Beauty

Tips Membangun Hidup Bahagia Tanpa Rasa Cemas dengan Yoga – Part II

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, yoga adalah salah satu teknik terapi untuk meningkatkan ketenangan dan melepaskan rasa lelah baik pada tubuh dan pikiran. Latihan yoga mencakup beberapa teknik seperti asana untuk melatih postur tubuh dan pranayama sebagai latihan pernapasan, meditasi, dan sebagainya.

Mau tahun lebih lengkap Ladies? Berikut infonya.
Asana merupakan teknik-teknik yoga yang meliputi berbagai gerakan tubuh. Gunanya adalah untuk melatih kelenturan tubuh, kekuatan otot, dan menghilangkan pikiran stress dan suntuk. Teknik yang dapat dilakukan antara lain Matsyasana (Pose seperti ikan), Dhanurasana (Pose membungkuk), Janu Shirsasana (satu kaki ditekuk kedepan), Marjariasana (peregangan tubuh seperti kucing), Setubandhasana (pose jembatan), Adhomukha Shwanasana (pose merangkak seperti anjing), Hastapadasana (berdiri lurus kemudian tubuh ditekuk dengan lurus pula), Paschimottanasana (dua kaki ditekuk ke depan), Shayasana (pose seperti mayat), Shirsanana (headstand atau berdiri dengan tumpuan di kepala).

Selain asana, pranayama adalah langkah selanjutnya untuk menghilangkan rasa cemas dan gangguan sejenisnya. Beban di pikiran dan rasa lelah serta kekhawatiran tak menentu dapat diatasi secara perlahan dengan melakukan teknik pernapasan seperti kapal bhati pranayama/pernapasan kepala, bhastrika pranayama, bhramari pranayama, dan nadi shodhan pranayama.

Teknik selanjutnya yang paling difavoritkan dan paling mudah dilakukan adalah meditasi. Pilihlah tempat yang nyaman dan tenang. Atur posisi duduk, tutup mata, dan mulailah berkonsentrasi sambil sesekali mengatur pernapasan. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa meditasi rutin dapat membantu menurunkan level hormone adrenalin, sehingga detak jantung menjadi lebih teratur, keringat dingin dan otot kaku akibat rasa cemas dan tegang menghilang, dan tubuh menjadi lebih rileks dan segar. Bahkan, konon pada jaman kerajaan, yoga dikatakan sebagai salah satu rahasia hidup tenang, bahagia, dan selalu berpikir positif. Kondisi ini dianggap penting sekali bagi raja-raja kuno karena pemimpin seringkali merasa stress dengan beban pikiran yang menggunung.

Menarik ‘kan, Ladies? Silahkan mencoba dan nikmati hasilnya.

Oleh: -Tys-

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading