Sukses

Beauty

INFO MENJAGA KESEHATAN MATA DENGAN YOGA

Pepatah mengatakan mata tak hanya sekedar jendela dunia. Mata adalah petunjuk untuk menjalani hidup. Dengan kemampuan memandang sesuatu dengan baik, seseorang dapat belajar dan mengerti tentang berbagai hal di dunia. Setujukah Ladies? Swami Sitaramananda, seorang ahli yoga, pun menambahkan bahwa langkah tercepat bagi seseorang untuk memahami sesuatu hal adalah melalui mata. Nah, jelas sudah kan Ladies bahwa menjaga kesehatan mata hukumnya sangat wajib.

Seiring berjalan waktu, otot-otot mata akan mengalami kekenduran. Otot mata tidak lagi elastis sehingga fokus mata berkurang dan pandangan pun menjadi melemah. Parahnya, otot sekitar mata yang meregang terlalu kencang demi mendapatkan pandangan yang jelas dapat memberikan dampak negatif pada kerja otak, seperti mudah pusing, stres, serta menimbulkan keresahan akibat sulit berkonsentrasi dengan pandangan mata yang kabur.

Untuk mengatasi hal ini, yoga bisa menjadi alternatifnya nih, Ladies. Langkah pertama adalah membuat otot-otot mata rileks. Dalam hal ini, Ladies dapat mencoba melakukan beberapa teknik yoga seperti asanas, pranayama, dan meditasi. Kondisi mata bisa rileks jika kerja otak pun rileks. Oleh karena itu meditasi dan kegiatan yoga sejenis lainnya dapat membantu menciptakan pikiran dan kondisi yang tenang. William H. Bates menganjurkan bahwa pandangan mata dapat diperbaiki dengan beberapa olahraga mata, seperti eyeball rotation, palming dan gaze shifting. Untuk melakukan latihan tersebut, Ladies dapat menggabungkannya dengan gerakan yoga seperti asana atau shayasana. Caranya, berbaringlah di lantai dengan permukaan datar dan rata. Tutuplah mata. Relaksasikan seluruh bagian tubuh mulai dari ujung kepala hingga kaki. Lakukan untuk beberapa saat, dan kemudian lakukan gerakan-gerakan olahraga mata seperti memutar bola mata ke arah kanan, kiri, atas, dan bawah. Ketika mulai terasa lelah atau pusing. Tutuplah mata dan relaksasikan mata kembali. Setelah itu, lakukanlah gerakan olahraga mata lainnya.

Tertarik mencobanya, Ladies?

oleh: -Tys-

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading