Sukses

Beauty

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Doyan gonta-ganti warna rambut terkadang dihadapkan dengan risiko kerusakan rambut. Mulai rambut kering, rambut rontok parah, dan ujung rambut yang bercabang. Walau menggunakan berbagai cara merawat rambut dengan baik, ada baiknya meminimalkan penggunaan bahan kimia jika ingin membuatnya tetap sehat dan tergerai cantik.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengganti cat rambut dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemui. Apa saja?

1. Kemiri Sebagai Pewarna Rambut Alami

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Kebanyakan perempuan mulai panik saat mengetahui beberapa uban sudah menghiasi rambut, walau belum berumur lanjut. Biasanya masalah ini diatasi dengan menggunakan cat rambut. Tapi bisa kok memanfaatkan kemiri yang dapat menghitamkan rambut, tanpa risiko merusak rambut dan tidak memerlukan biaya mahal.

Caranya cukup mudah, sangrai kemiri yang sudah ditumbuk hingga halus, hingga mengeluarkan minyak. Ambil minyaknya untuk dipijatkan pada kulit kepala secara merata. Lakukan setiap 30 menit sebelum keramas. Lakukan cara ini selama beberapa minggu dan nikmati hasil rambut hitam berkilau.

2. Buah Bit Sebagai Cat Rambut Alami

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Jika ingin memiliki gaya rambut terbaru dengan warna rambut coklat kemerahan, kandungan zat antosianin dalam buah bit dapat membantu mewujudkan keinginanmu.

Pertama potong dadu buah bit dan blender hingga halus, lalu saring untuk mendapatkan sari buahnya. Campur dengan bubuk henna dan oleskan merata ke seluruh rambut. Diamkan selama 1-2 jam agar warna benar-benar meresap. Bilas rambut dengan air hangat dan keringkan. Mudah kan?

3. Menghitamkan Rambut dengan Pandan

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Selain kemiri, pandan merupakan bahan alami yang digunakan secara turun-temurun untuk mendapatkan rambut hitam yang sehat dan berkilau. Mempersiapkannya tak sulit kok, pertama cuci bersih 7 helai daun pandan lalu potong-potong kira-kira sepanjang 3 cm. Rebus dalam air mendidih hingga air berubah warna menjadi kehijauan. Saring dan diamkan semalam.

Untuk menggunakannya, campurkan air pandan dan jus mengkudu, lalu aplikasikan ke rambut seperti sedang memakai masker rambut. Agar hasilnya maksimal, gunakan minimal 3 kali dalam seminggu. Jangan menyimpan dan menggunakan ramuan ini lebih dari 2 minggu supaya mendapatkan hasil yang optimal ya.

4. Warna Rambut Hitam Berkat Bunga Sepatu

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Selain membuat rambut lebih halus, bunga sepatu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut beruban lho. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa tangkai bunga sepatu.

Ambil kelopaknya dan panaskan bersama minyak alami, seperti minyak kelapa atau zaitun, hingga warnanya berubah menjadi gelap. Biarkan hingga dingin lalu ambil beberapa tetes dan pijatkan ke kulit kepala secara merata. Gunakan pada pagi hari, cukup 30 menit setiap hari. Jika sudah, bilas rambut hingga bersih. Mudah kan dapatkan warna rambut hitam alami.

5. Teh Hitam Sebagai Cat Rambut Alami

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Selain tinggi kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan, teh hitam ternyata juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami, untuk mendapatkan rambut hitam yang sehat dan berkilau.

Siapkan satu teko teh hitam yang sudah didinginkan, lalu tuangkan pada sebuah baskom besar. Pastikan ukuran baskom dapat memuat rambutmu ya. Rendam rambut dalam air teh selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Ulangi setiap hari selama dua minggu untuk mendapatkan rambut hitam yang diinginkan.

6. Warna Rambut Cantik Berkat Lemon

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Tidak hanya digunakan sebagai cara alami menghilangkan ketombe, jeruk lemon juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan warna rambut yang cantik. Peras 3-4 buah jeruk lemon dan rebus hasilnya hingga mendidih, sambil menambahkan setengah gelas air. Angkat dan biarkan dingin. Masukkan air lemon ke dalam botol semprot dan aplikasikan secara merata ke seluruh rambut. Diamkan maksimal selama satu setengah jam.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu juga perlu berada di bawah sinar matahari langsung ya. Setelah selesai keramas hingga bersih dan jangan lupa menggunakan kondisioner. Voila, warna rambut cantik sudah didapatkan.

7. Jaga Warna Rambut Alami dengan Kopi

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Selain sedap dinikmati sebagai minuman, kopi juga dapat digunakan sebagai pewarna rambut alami lho. Caranya cukup mudah kok. Rebus kopi dan dinginkan untuk mengambil ampasnya. Gunakan ampas sebagai masker rambut dan diamkan selama 15 menit. Lanjutkan dengan membilas rambut dengan air dingin. Nah, rambut jadi hitam, sehat, dan berkilau.

8. Manfaat Minyak Urang-Aring Bagi Rambut

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Selain kemiri, minyak urang-aring juga sudah dimanfaatkan untuk mewarnai rambut secara turun-temurun. Atasi rambut yang mulai beruban dengan memijatkan minyak urang-aring pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit hingga 1 jam, sebelum keramas. Lakukan secara teratur untuk melihat warna rambut hitam alami.

9. Bunga Calendula sebagai Pewarna Rambut Alami

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Bunga dari famili Asteraceae ini biasa digunakan sebagai obat herbal, karena tinggi kandungan flavonoids. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan rambut oranye kecoklatan. Tumbuklah bunga calendula ini bersama dengan kelopak bunga hibiskus, lalu rendam dalam 2 cangkir air selama setengah jam. Setelah itu, aplikasikan cairan pewarna rambut alami ini ke rambut, dan tunggu hingga mengering.

10. Manfaatkan Daun Jelatang untuk Cat Rambut Alami

10 Alternatif Cat Rambut Alami untuk Mewarnai Rambut

Selain dapat memberi warna rambut coklat alami, kombinasi daun jelatang dan rosemary ini juga membuat rambut tumbuh kuat dan subur. Hal ini disebabkan kandungan flavonoids, fosfor, kalsium, dan magnesium yang tinggi pada kedua daun ini.

Cara memanfaatkannya cukup mudah kok. Tumbuk daun jelatang bersama dengan daun rosemary, lalu balurkan ke seluruh permukaan rambut secara merata. Bilas hingga bersih.

Mendapatkan warna rambut impian tidak harus mengeluarkan biaya besar dan menghadapi risiko kerusakan rambut. Manfaatkan saja bahan-bahan yang sudah disediakan oleh alam untuk meningkatkan kecantikan rambutmu ya, Ladies.

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading