Sukses

Beauty

Sehat Selalu dengan 4 Manfaat Hebat Olahraga Lompat Tali

Ladies, kamu pasti sudah tak asing dengan olahraga yang satu ini. Lompat tali memang sering sekali kita lakukan sejak dulu.

Saat masih kecil mungkin kamu sering bermain lompat tali bersama teman-teman. Jika kamu tetap melakukan aktivitas ini hingga sekarang ada banyak manfaat sehat yang bisa didapatkan tubuh.

Lompat tali mungkin terlihat seperti aktivitas main-main. Siapa sangka jika rutin melakukannya, ada empat manfaat yang bisa didapatkan tubuh seperti mengutip laman Health, Selasa (12/6/2018).

1. Membentuk tubuh bagian atas

Lompat tali merupakan cara menyenangkan untuk mengaktifkan dan 'memahat' tubuh bagian atas.

"Mungkin kelihatannya hanya pergelangan tangan dan tangan yang bekerja, tapi sebenarnya bahu dan tubuh bagian atas juga bekerja untuk mengontrol dan menstabilkan tali," kata profesor di bidang ilmu olahraga dari Huntingdon College, Inggris, Michele Olson.

2. Kepadatan tulang kaki meningkat

Berdasarkan data dari Journal of Applied Physiology, perempuan muda yang rajin main lompat tali tiga kali seminggu selama enam bulan kepadatan mineral di tulang meningkat Tentu saja hal ini membuat tulang jadi tak mudah patah saat tua nanti.

3. Melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh

Lompat tali merupakan gerakan yang membutuhkan sinkronisasi seluruh tubuh. Mulai dari tangan hingga kaki. Maka, aktivitas ini pas untuk melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Sebuah studi pada anak-anak pernah mengungkap manfaat bermain lompat tali. Anak-anak yang ikut latihan lompat tali, kemampuan koordinasi dan keseimbangan motorik saat bermain sepak bola lebih baik dibandingkan yang tidak.

4. Bakar kalori

Melompat tali selama 30 menit membakar sekitar 400 kalori. Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, latihan ini merupakan aktivitas yang hebat untuk melakukan hal itu.

Biasakan dari sekarang untuk mendapatkan manfaat sehatnya.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)
What's On Fimela
Loading