Sukses

Beauty

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Skincare dari Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Banyak bahan alami yang berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit, seperti pepaya, lemon, mentimun dan lidah buaya. Tak heran kalau bahan-bahan tersebut sering dijadikan campuran untuk berbagai skincare.

Penggunaan bahan-bahan tersebut untuk skincare memang bisa menjamin kealamiannya, apalagi kalau dibuat sendiri di rumah. Tapi, bukan berarti akan 100% aman.

Risiko reaksi negatif pada kulit tetap ada, karenanya harus berhati-hati terutama terhadap lima hal ini:

1. Risiko Alergi

Meski skincare alami, bukan berarti kulit terbebas dari segala risiko alergi. Pasti ada kemungkinan kulit bereaksi negatif. Untuk itu sebelum mengaplikasikannya di wajah, coba dulu bahan yang ingin kamu kenakan di bagian kulit belakang telinga. Jika dalam beberapa jam tidak ada gatal atau timbul ruam, berarti kamu aman menggunakannya.

 

2. Kualitas Bahan

Pastikan kamu selalu menggunakan bahan segar dan berkualitas baik. Jika menggunakan buah dan sayur, pakai yang belum dikupas atau dipotong. Telur, susu dan yogurt pun demikian. Jangan sampai gunakan yang sudah terkontaminasi bakteri, karena bukan hanya tak efektif, bahan-bahan yang tidak segar juga akan membahayakan kulit.

3. Kebersihan Alat dan Bahan

Selain bahan yang tidak segar, bakteri juga bisa datang dari alat yang kotor. Untuk itu, pastikan alat yang digunakan juga bersih agar skincare alamimu tidak terkontaminasi bakteri. Sebelum diolah, bahan-bahan yang akan digunakan juga harus dicuci bersih, ya!

4. Penyimpanan

Jika kamu membuat racikan untuk 2-3 kali penggunakan berarti kamu harus menyimpannya. Nah, jangan sembarangan ya! Wadah yang digunakan harus bersih, tertutup rapat, dan simpan di suhu udara yang sesuai anjuran.

What's On Fimela
Loading