Sukses

Beauty

4 Masalah Wajah Bila Menggunakan Makeup Kedaluwarsa

ringkasan

  • Makeup kedaluwarsa bisa menyebabkan pembengkakan di kulit
  • Makeup kedaluwarsa justru mengundang bakteri
  • Bahan-bahan pengawet pada makeup akan kehilangan kekuatannya kala masuk masa kedaluwarsa

Fimela.com, Jakarta Hal yang selalu dilupakan ketika menggunakan makeup ialah melihat tanggal kedaluwarsa produk tersebut. Tanpa sadar, kita menggunakan makeup yang justru berbahaya untuk wajah.

Penasaran masalah apa saja yang terjadi? Berikut penjelasannya.

1. Bengkak

Makeup kedaluwarsa bisa menyebabkan pembengkakan di kulit karena hancurnya molekul yang terkandung di dalamnya. Reaksi ini bisa berujung pada masalah lain seperti bercak merah, ruam, benjolan, bahkan melepuh.

2. Jerawat dan infeksi

Hati-hati makeup kedaluwarsa justru mengundang bakteri. Alhasil jerawat pun muncul di wajah, bahkan menyebabkan infeksi kulit dan mata.

3. Tidak melindungi wajah

Peralatan makeup yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa akan mengalami kerontokan fungsi dari bahan-bahan penyusunnya. Sebagai contoh, jika menggunakan krim anti-UV, ketika ia masuk masa kedaluwarsa maka tidak akan berguna sama sekali. Malah akan berfungsi sebaliknya: gagal melindungi dari paparan sinar UV.

4. Kulit tercemar

Bahan-bahan pengawet pada makeup akan kehilangan kekuatannya kala masuk masa kedaluwarsa. Menggunakan makeup ini membiarkan kulit sengaja tercemar bahan-bahan yang sudah tidak lagi sehat.

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading