Sukses

Beauty

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Penggunaan Hand Sanitizer dan Sabun Cuci Tangan

Fimela.com, Jakarta Penyebaran virus corona yang terus berlanjut membuat pemerintah semakin gencar menghimbau untuk kebersihan tubuh, khususnya tangan. Bisa dilakukan dengan menggunakan hand sanitizer ataupun menggunakan sabun cuci tangan.

Meski hand sanitizer terlihat lebih praktis, namun nyatanya mencuci tangan dengan sabun akan jauh lebih efektif membunuh bakteri dan kuman. Baik hand sanitizer maupun sabun cuci tangan bisa memberikan dampak pada kondisi kulit yang menjadi lebih kering bahkan hingga mengelupas.

Menurut dr. Susan Mayou selaku konsultan dermatologis di Cadogan Clinic, pencucian tangan yang berlebihan bisa menghabiskan penghalang pelindung alami kulit dan menghilangkan minyak alami. Untuk mengatasi kulit kering karena penggunaan hand sanitizer dan sabun cuci tangan, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Menggunakan sabun cuci tangan anti mikrobial

Untuk mencegah kulit kering, kamu bisa gunakan sabun cuci tangan yang bisa mengembalikan nutrisi pada kulit. Terutama jika kamu memiliki eksim kulit. Sebagai alternatif, kamu bisa mencari sabun cuci tangan yang mengandung aloe vera dan shea butter.

2. Gunakan hand cream bebas parfum dan masker yang menutrisi

Setelah mengeringkan tangan atau menggunakan hand sanitizer disarankan untuk menggunakan hand cream untuk menjaga kulit ternutrisi, melembapkan area yang kering, dan meminimalisir iritasi kulit. Masker tangan juga bisa digunakan untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

 

3. Menggunakan sarung tangan

Beberapa produk pembersih alat rumah tangga mengandung bahan kimia yang sangat keras yang bisa mengiritasi kulit. Ketika menggunakan produk tersebut, disarankan untuk menggunakan sarung tangan berbahan karet.

4. Keringkan tangan dengan benar

Tidak mengeringkan tangan dengan tepat akan membuat minyak alami pada kulit bisa hilang ketika air mulai menguap. Selain itu, mengeringkan tangan secara tepat juga mengurangi transmisi bakteri dan virus yang lebih mudah berkembang pada kulit yang basah. Lebih baik gunakan tisu sekali pakai daripada pengering tangan elektronik untuk mencegah transmisi virus.

5. Kunjungi ahli

Jika kulitmu sampai menjadi meradang, mengelupas dan terasa rasa sakit, disarankan untuk mengunjungi dermatologis untuk meminta perawatan. Sehingga kamu bisa mendapat penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah kulitmu.

Simak video berikut ini

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading