Sukses

Beauty

Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Jerawat atau acne vulgaris muncul karena terjadi penyumbatan pada pori-pori. Selain itu, jerawat disebabkan karena adanya infeksi oleh bakteri. Hal ini bisa menimbulkan iritasi dan memunculkan berbagai jenis jerawat. Salah satunya adalah jerawat pasir.

Jerawat pasir adalah jerawat yang berisi kotoran dan muncul secara bersamaan di daerah wajah. Jerawat pasir ini hampir sama dengan beruntusan. Jerawat pasir memiliki ukuran yang kecil, diujung jerawat berkepala putih dan berisi nanah. Terkadang jerawat ini membuat sebagian area memerah.

Jerawat ini menyebar di sekitar pipi dan dahi. Jerawat pasir bisa menyebar ke seluruh wajah, kalau Sahabat Fimela sering memencet jerawat tersebut. Memencet jerawat secara paksa, akan membuat peradangan jerawat, dan menimbulkan bekas jerawat yang susah dihilangkan. Berikut penyebab dan cara menghilangkan jerawat pasir:

Penyebab Jerawat Pasir

Jerawat pasir disebabkan oleh penyumbatan pori-pori, yang tersumbat oleh debu kotoran, minyak dan bakteri. Pori-pori yang tersumbat kotoran, akan membuat wajah menghasilkan minyak berlebih. Pori-pori yang tersumbat ini akan meradang dan menimbulkan benjolan berupa nanah. Kemudian jerawat pasir akan menyebar kebeberapa bagian wajah.

Jerawat pasir juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti hormon, stress dan kebiasaan menyentuh wajah. Hormon yang tinggi dapat merangsang produksi minyak dikulit lebih banyak. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada saat menstruasi, hamil atau menopause.

Stres juga bisa memicu timbulnya jerawat pasir, karena insulin dalam tubuh akan meningkat dan menimbulkan jerawat. Sering menyentuh wajah akan membuat kuman dan kotoran yang ada di tangan, dapat menyebar ke wajah, lalu menyebabkan jerawat. Pada saat menggunakan riasan wajah, harus segera dibersihkan. Sisa-sisa kosmetik akan menempel pada wajah, kemudian bercampur dengan minyak kulit, dan menyumbat pori-pori wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami

Jerawat pasir bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun harus digunakan secara rutin dan telaten. Menghilangkat jerawat pasir bisa dilakukan dengan membuat masker yoghurt, putih telur, madu, tomat, jeruk nipis, dan lidah buaya.

Yogurt memiliki kandungan probiotik yang bisa membunuh bakteri jerawat. Sedangkan putih telur memiliki kandungan vitamin B2, yang mampu menghilangkan jerawat. Selain menyembuhkan infeksi dan peradangan pada jerawat pasir, kandungan antibiotik pada madu dapat membantu memudarkan bekas jerawat.

Sahabat Fimela juga bisa menggunakan tomat untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Kemudian ada air perasan jeruk nipis yang bisa memiliki fungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Bahkan lidah buaya juga sangat bagus jika dijadikan masker. Karena lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bersifat antibacterial.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Perawatan Medis

Cara menghilangkan jerawat pasir secara alami, bisa dilakukan pada jerawat pasir yang normal. Namun pada kasus jerawat pasir yang parah, untuk menghilangkannya dibutuhkan perawatan khusus oleh tenaga medis. Pada masalah jerawat pasir, biasanya dokter memberikan beberapa resep obat untuk menghilangkan peradangan, dan untuk membunuh bakteri serta kuman di kulit.

Selain itu, dokter akan memberikan beberapa produk perawatan wajah, yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide atau retinoid. Kandungan bahan aktif ini bisa membantu menyembuhkan peradangan jerawat pasir. Biasanya di beberapa klinik kecantikan, dokter juga memberikan perawatan khusus seperti acne peeling, untuk menyembuhkan jerawat dibantu dengan alat.

Sebelum memilih perawatan wajah di klinik kecantikan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kulit. Sahabat Fimela bisa menjelaskan kondisi masalah kulit yang dialami. Jangan lupa untuk bertanya kandungan skincare yang cocok digunakan untuk kulitmu.

Cara Merawat Wajah yang Tepat

Semua wanita pasti menginginkan wajah yang mulus dan sehat. Untuk menghindari terjadinya jerawat pasir, Sahabat Fimela bisa menjaga kebersihan pada wajah. Bersihkan makeup setelah menggunakan riasan seharian.

Jangan lupa untuk mencuci wajah setelah berpergian. Karena di jalan banyak polusi yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Pada saat wajah sedang berjerawat, usahakan jangan menggunakan makeup, agar jerawat tidak bertambah parah. Tetapi kalau terpaksa menggunakan makeup, gunakanlah makeup yang ringan dengan kandungan non-comedogenic.

Selain memperhatikan kulit, lakukan juga perawatan rambut dengan menjaga rambut tetap bersih. Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah timbulnya jerawat pasir. Karena rambut yang kotor akan menyentuh wajah, kemudian membuat wajah terkena bakteri. Cucilah rambut minimal dilakukan 2 hari sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading