Sukses

Beauty

10 Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Jerawat Batu

Fimela.com, Jakarta Wajah yang berjerawat merupakan sebuah masalah bagi wanita. Jerawat pada wajah memiliki beberapa jenis, salah satunya jerawat batu. Jerawat batu merupakan jerawat yang paling membandel, daripada jerawat yang lainnya.

Jerawat batu atau yang biasa disebut dengan cystic acne, memiliki ukuran yang besar dan keras. Jerawat ini sangat susah dihilangkan. Jerawat batu terjadi akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Pola hidup yang buruk seperti jarang membersihkan makeup, sering begadang dan mengkonsumsi makanan berlemak, dapat menyebabkan jerawat batu. Hindari penyebab jerawat batu, agar wajah menjadi lebih sehat. Berikut 10 makanan yang harus dihindari pemiliki jerawat batu:

Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Jerawat Batu

1. Makanan Manis

Makanan manis yang mengandung gula tambahan juga dapat menyebabkan jerawat. Kadar gula tinggi yang terkandung dalam suatu makanan, akan menyebabkan insulin dalam darah naik. Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan masalah kulit. Mengkonsumsi makanan manis dapat memicu kenaikan hormon. Perubahan hormon ini yang akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih, dan memunculkan jerawat batu.

2. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan terbuat dari bahan tepung yang kemudian diolah. Contohnya roti, biscuit, sereal dan pasta. Karbohidrat olahan ini juga memiliki kadar gula yang tinggi. Walaupun karbohidrat olahan tidak terlalu banyak memproduksi sebum, namun kandungan gula pada karbohidrat olahan, akan membuat peradangan pada jerawat batu.

3. Keripik atau Snack

Satu bungkus plastik kripik mengandung karbohidrat dan lemak tinggi. Keripik atau snack merupakan produk olahan. Produk ini termasuk makanan yang harus dihindari pemilik jerawat batu. Keripik mengandung lemak yang dapat meningkatkan produksi minyak diwajah. Selain itu, karbohidrat olahan yang terkandung dalam kripik, dapat meningkatkan insulin yang membuat jerawat batu.

Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Jerawat Batu

4. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu memiliki banyak kandungan gula buatan. Contoh produk olahan susu adalah yogurt, keju dan es krim. Selain membuat insulin pada tubuh naik, produk olahan susu dapat mendorong produksi sebum, yang bisa menyumbat pori-pori pada kulit wajah. Sebum adalah minyak yang dihasilan oleh kelenjar minyak. Jika pori-pori pada kulit wajah tersumbat sebum, maka jerawat batu akan muncul pada permukaan wajah.

5. Cokelat

Cokelat merupakan produk olahan yang paling disukai semua orang. Ternyata kandungan gula tambahan pada cokelat sangatlah tinggi, yang bisa membuat orang berjerawat. Selain itu, cokelat juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Hal ini akan membuat jerawat batu susah disembuhkan.

6. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang wajib di konsumsi oleh orang Indonesia. Namun, proses pembuatan gorengan ini, yang akan membuat jerawat batu tumbuh. Gorengan seperti mendoan, biasanya dibuat dengan campuran tembung. Kemudian digoreng menggunakan minyak yang sangat banyak. Minyak jenuh ini akan membuat jerawat semakin parah.

7. Telur

Mengkonsumsi telur bisa membuat kondisi jerawat batu semakin parah. Karena telur memiliki banyak kandungan protein di dalamnya. Jika terlalu banyak mengkonsumsi protein, produksi sebum diwajah akan semakin banyak. Bagi sebagian orang yang alergi telur, akan membuat kulit kemerahan dan muncul jerawat. Selain itu, mengkonsumsi banyak telur akan mengakibatkn bisulan.

Makanan yang Harus Dihindari Pemilik Jerawat Batu

8. Seafood

Seafood atau makanan laut, memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. seperti udang dan lobster. Protein memang sangat penting perannya di dalam tubuh. Namun kelebihan protein, dapat mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat batu. Seafood yang akan dikonsumsi, harus diperhatikan tingkat kebersihannya. Selain menyebatkan jerawat batu, mengkonsumsi seafood juga bisa mengakibatkan gatal-gatal pada kulit.

9. Alkohol

Konsumsi alkohol memang harus dihindari. Minuman beralkohol memiliki kandungan gula yang tinggi. Alkohol juga bisa membuat kulit dehidrasi. Minyak pada wajah bisa muncul pada saat kulit dehidrasi atau kulit kering. Menggunakan makeup pada saat kondisi kulit kering, akan sangat susah dibersihkan. Sehingga pori-pori akan tersumbat dan memunculkan jerawat batu.

10. Jus Kemasan

Jus buah maupun jus sayuran sangat baik dikonsumsi. Namun, jika mengkonsumsi meminuman jus kemasan pada saat berjerawat, akan membuat jerawat semakin parah. Tanpa gula tambahan, sebenarnya buah dan sayuran itu sudah mengandung gula alami. Proses pembuatan jus kemasan membutuhkan pemanis buatan. Selain itu, jus kemasan juga mengandung bahan pengawet.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading