Sukses

Beauty

Amankah Menggunakan Lensa Kontak untuk Mata Selama Pandemi Virus Corona COVID-19?

Fimela.com, Jakarta Di tengah pandemi virus corona, banyak hal yang harus kita waspadai, terutama dalam hal kesehatan dan kebersihan. Banyak peringatan untuk tidak menyentuh wajah secara langsung dengan permukaan tangan, oleh sebab itu kamu dianjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Tetapi jika kamu menggunakan lensa kontak, keharusan menyentuh wajah tak dapat dihindarkan.

Dengan semua penyesuaian ini apakah masih memungkinkan untuk menggunakan lensa kontak di tengah pandemi virus corona COVID-19? Beralih ke kacamata adalah pilihan yang paling aman. Dalam sebuah pernyataan tentang keamanan mata di tengah wabah virus corona COVID-19, American Academy of Ophthalmology (AAO) menyarankan untuk memilih kacamata di antara tindakan perlindungan lainnya.

"Pertimbangkan untuk menggunakan kacamata lebih sering, terutama jika kamu cenderung sering menyentuh mata ketika menggunakan lensa kontak," kata dokter mata Sonal Tuli, M.D., juru bicara AAO, seperti dikutip dalam pernyataan tersebut. "Mengganti dengan kacamata dapat mengurangi iritasi dan memaksa kamu untuk berhenti sebelum menyentuh mata kamu."

Melansir dari shape.com Kevin Lee, M.D., yang juga seorang dokter mata di Golden Gate Eye Associates di Pacific Vision Eye Institute menyetujui pernyataan diatas. Ia mengatakan bahwa dia telah merekomendasikan pasien yang biasanya memakai lensa kontak untuk menghindarinya sementara ini.

Selain karena wabah virus corona, menggunakan lensa kontak juga cenderung lebih banyak menyentuh mata, ini lebih berisiko terkena infeksi mata secara umum, jelas Rupa Wong, M.D., seorang dokter spesialis mata anak.

"Penggunaan lensa kontak memiliki risiko infeksi kornea dan konjungtivitis yang lebih tinggi, mata memerah karena bakteri, parasit, virus, dan jamur," jelas Dr. Wong. "Ini kerap terjadi jika pemakai lensa kontak tidak mempraktikkan kebersihan yang baik seperti tidur dalam keadaan lensa masih terpasang, membersihkan lensa dengan cara yang tidak benar, tidak mencuci tangan, atau memperpanjang masa pakai lensa kontak mereka melewati tanggal yang direkomendasikan."

 

Fungsi kacamata

Kacamata juga bisa melindungi mata kamu dari penangkapan virus yang ditularkan orang lain, tambah Dr. Lee. "Katakan saja seseorang yang memiliki coronavirus bersin. Kacamata dapat melindungi mata dari tetesan pernapasan kecil. Jika kamu memakai lensa kontak, tetesan pernapasan masih bisa masuk ke bola mata." Meski begitu, Dr.Wong juga memperingatkan bahwa partikel virus masih bisa memasuki mata melalui sisi, bawah, atau atas kacamata.

Jadi, untuk solusi yang aman, pemakai lensa kontak dapat mempertimbangkan untuk beralih ke kacamata sampai pemberitahuan lebih lanjut. Tetapi, jika kamu dikarantina di rumah, selama kamu mempraktikkan kebersihan tangan yang tepat, mengenakan lensa kontak kemungkinan hanya akan menimbulkan sedikit risiko terkena virus. Berhati-hatilah terutama ketika keluar rumah dan berada di ruang publik, pastikan kamu beralih ke kacamata.

Penulis: Iffah

 #changemaker

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cegah Jutaan Warga dari Kemiskinan, Ini Kunci Sukses Indonesia Selama Pandemi
Artikel Selanjutnya
Anak Meninggal karena COVID-19, Penyesalan Ibu di Amerika Serikat yang Tidak Vaksin