Sukses

Beauty

4 Kesalahan Memakai Makeup dan Merias Wajah yang Perlu Dihindari

Fimela.com, Jakarta Penggunaan makeup bagi perempuan pasti sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan makeup walaupun kini seiring perkembangan tren makeup juga semakin tipis dan natural. Makeup seolah menjadi magnet bagi perempuan untuk memperindah penampilan.

Namun makeup tidak akan memperindah penampilan jika kamu salah menggunakannya atau keliru saat meriaskannya pada wajah. Memang berkreasi dengan makeup adalah kebebasan bagi setiap perempuan, akan tetapi akan lebih baik lagi jika kamu memahami cara memoleskannya pada wajah agar hasilnya juga bisa membuatmu tampak lebih cantik.

Penggunaan makeup dan merias wajah yang salah biasanya terjadi karena seseorang belum memahami bagaimana caranya berhias yang baik. Untuk itu, kamu harus berlatih dan tahu bagaimana caranya menggunakan produk makeup yang kamu miliki dan mengaplikasikannya ke wajah dengan benar. Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut lewat media sosial misalnya, karena terdapat banyak konten makeup yang bisa kamu jadikan contoh.

Nah, untuk ulasan kali ini, Fimela.com akan membahas 4 kesalahan memakai makeup dan merias wajah yang perlu dihindari. Simak ulasannya agar kamu tidak salah lagi dalam mengaplikasikan makeup ke wajah.

Salah Memilih Warna Foundation

Kesalahan yang perlu dihindari saat memakai makeup dan merias wajah yang pertama ialah salah dalam memilih warna foundation. Seringkali karena ingin terlihat flawless dan lebih cerah akhirnya kamu memilih warna foundation yang terlalu terang sehingga ketika diaplikasikan ke wajah justru tidak match karena tone warnanya berbeda jauh dengan kulit asli.

Jika sudah begitu, wajahmu akan terlihat belang warnanya atau aneh karena warna foundation terlalu cerah. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi maka sebelum benar-benar memutuskan membeli foundation, kamu cek dulu lewat testernya. Usapkan sedikit foundation di bagian samping dagu hingga leher dan pilih warna foundation yang hampir mendekati warna kulit di bagian wajah hingga leher kamu.

Kemudian kesalahan menggunakan foundation yang paling umum saat akan meriaskannya ke wajah adalah pemakaiannya yang terlalu tebal. Kamu harus ingat bahwa ada banyak produk makeup lain seperti pelembab dan bedak yang akan kamu pakai juga. Maka dari itu, usahakan menggunakan sedikit foundation saja, jangan terlalu tebal atau wajahmu nanti bisa terlihat seperti topeng.

Memilih Warna Pensil Alis dan Membingkainya

Selanjutnya, kesalahan memakai makeup dan merias wajah yang perlu kamu hindari juga bisa terjadi saat kamu sedang memilih pensil alis dan membingkainya. Ada pemahaman yang keliru, banyak perempuan akan memilih warna pensil alis yang sesuai dengan warna rambutnya kemudian akan membingkainya dengan tebal hingga warnanya sama dengan warna rambut.

Seharusnya ketika kamu ingin menunjukkan kesan alis yang natural, kamu bisa memilih warna pensil alis yang lebih muda warnanya dari warna rambut, misalnya warna coklat yang umum digunakan banyak perempuan. Kemudian bingkai alismu mengikuti bentuk alisnya agar terlihat lebih natural tetapi usahakan tidak perlu mengarsirnya terlalu tebal, tipis saja dan arsir pada bagian-bagian yang memang perlu sedikit ditebalkan.

Pemilihan Warna dan Pengaplikasian Eyeshadow Pada Mata

Ketiga, kesalahan yang paling umum terjadi dan sering menjadi masalah bagi banyak perempuan ialah kegagalan dalam membaurkan warna eyeshadow ke mata dengan sempurna. Kelihatannya mudah hanya tinggal memulasnya saja pada kelopak mata, padahal untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus sering berlatih untuk memakainya.

Kesalahan yang pertama adalah salah dalam mengkombinasikan warna eyeshadow yang akan kamu pakai sehingga riasan mata akan terlihat aneh. Usahakan untuk selalu memilih warna coklat muda sebagai warna dasar lalu kamu bisa baurkan gradasi warna yang serupa seperti coklat tua, abu-abu, dan hitam.

Kemudian kesalahan yang kedua terletak dari cara pengaplikasiannya. Biasanya karena tidak ingin repot kamu akan lebih memilih menggunakan tangan atau jari telunjuk untuk memoleskan eyeshadow di mata. Bagi mereka yang sudah ahli memang tidak ada masalah namun bagi pemula sebaiknya menggunakan kuas eyeshadow agar tidak berantakan dan lebih rapih saat membaurkannya.

Conturing Wajah yang Berantakan

Terakhir, kesalahan yang perlu dihindari saat memakai makeup dan merias wajah adalah ketika memakai contour stick ke tulang pipi untuk mempertegasnya. Seringkali pemula mendapatkan kesulitan sewaktu memolesnya ke tulang pipi. Bisa jadi masalahnya adalah tidak memahami garis tulang pipi sendiri atau tidak memahami cara membaurkannya dengan benar.

Contour wajah yang gagal akan membuat bagian pipi bukan terlihat terus namun justru terlihat kotor dan kusam karena contour yang tidak sempurna tersebut. Nah, untuk menghindari hal tersebut, yang perlu kamu lakukan adalah memahami terlebih dahulu bentuk wajahmu sendiri karena biasanya contour wajah tergantung pada bentuk wajah.

Sesudah kamu memahami bentuk wajah, mulailah untuk mengatupkan pipi atau membuat ekspresi seperti mulut ikan agar kamu bisa melihat garis tulang pipimu berada dimana. Jika sudah, aplikasikan contour stick yang berwarna coklat gelap mengikuti garis pipi, setelah itu langsung kamu blend atau baurkan dengan menggunakan kuas. Lihat perbedaannya, wajahmu akan terlihat lebih tirus dan proporsional setelahnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading