Sukses

Beauty

Kenali Jenis Sunscreen Mineral dan Organik agar Tidak Salah Pakai

Fimela.com, Jakarta Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang wajib digunakan setiap hari. Sunscreen memiliki fungsi untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, membuat kulit tetap lembap hingga membantu mencegah tanda penuaan dini di kulit.

Tentu saja saat memilih sunscreen harus disesuaikan dengan jenis kulit. Karena ada sunscreen yang dikhususkan untuk kulit sensitf dan kulit yang normal. Penggunaan sunscreen yang salah bisa menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak, pori-pori tersumbat bahkan bisa menyebabkan jerawat.

Ternyata sunscreen terdiri dari dua jenis yaitu sunscreen mineral dan sunscreen organik, yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, serta digunakan untuk jenis kulit yang berbeda. Yuk kenali perbedaan jenis sunscreen mineral dan sunscreen organik agar tidak salah pakai, dilansir dari berbagai sumber:

Sunscreen Mineral

Sunscreen mineral sering disebut juga dengan sunscreen physical atau inorganik. Sunscreen ini disebut sebagai sunscreen mineral, karena terbuat dari bahan mineral yang alami seperti titanium dioxide dan zinc oxide, yang bekerja diatas permukaan kulit untuk memantulkan sinar UV.

Sunscreen mineral memiliki fungsi yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari UVA dan UVB. Formula dari sunscreen ini sangat aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif dan berjerawat.

Sunscreen mineral memiliki tekstur yang cenderung kental dan agak susah untuk diratakan. Sehingga sunscreen ini bisa meninggalkan white cast atau noda putih di atas kulit. Walaupun meninggalkan white cast, tetapi sunscreen ini baik digunakan untuk ibu hamil atau anak-anak.

Sunscreen Organik

Chemical sunscreen atau sunscreen kimia disebut juga dengan sunscreen organik, karena memiliki kandungan senyawa organik seperti oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobezone. Kandungan yang terdapat di dalam sunscreen ini, bisa membantu menghasilkan reaki kimia yang mengubah sinar UV menjadi panas, lalu melepaskan panas dari kulit

Sunscreen yang bekerja dengan cara menembus lapisan kulit epidermis dan dermis ini, juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E, yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Sehingga sunscreen organik bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat sinar UV dan radikal bebas.

Sunscreen organik memiliki tekstur ringan, tipis, mudah menyerap ke pori-pori, mudah diratakan di kulit dan tidak meninggalkan white cast pada kulit.

Tetapi jika digunakan di kulit, sunscreen ini memiliki sensasi menyengat, bahkan bisa menyebabkan iritasi pada kulit hingga menyumbat pori-pori. Sehingga sunscreen ini cocok digunakan untuk kulit yang normal cenderung tidak berjerawat.

Rekomendasi Produk Sunscreen Mineral

Sunscreen mineral ini aman digunakan untuk kulit sensitif cenderung berjerawat. Karena jenis sunscreen ini tidak menyerap ke kulit, tetapi tetap berada di atas permukaan kulit, untuk melindungi sinar UVA dan UVB.

Karena sunscreen ini memiliki tekstur yang cenderung lebih kental, sehingga kamu harus lebih berhati-hati saat meratakan sunscreen ini, sebelum kamu mengaplikasikan makeup diatasnya. Sunscreen ini juga mudah hilang jika terkena keringat, jadi kamu harus rajin mengaplikasikan kembali sunscreen di wajahmu.

Banyak produk-produk sunscreen mineral yang bisa kamu gunakan. Kebanyakan produknya berasal dari brand Korea seperti Etude House Sunprise Mild Airy Finish SPF50+/PA+++, Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF 50+ PA+++, Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Sunscreen, dan juga produk dari brand lokal yaitu Acnes UV Tint.

Rekomendasi Produk Sunscreen Organik

Sunscreen organik adalah sunscreen yang memiliki tekstus tipis, mudah menyerap ke pori-pori, formulanya ringan dan tidak meninggalkan white cast. Sunscreen ini cocok digunakan untuk kondisi kulit yang normal cenderung tidak berjerawat.

Rekomendasi produk sunscreen organik yang bisa kamu gunakan adalah Skin Aqua UV Moisture Milk, Biore UV Perfect Face Milk, L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh, Emina Sun Protection SPF 30 dan Wardah Sunscreen Gel SPF 30.

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Tidur Berlebihan yang Patut Diketahui serta Bahayanya untuk Kesehatan
Artikel Selanjutnya
20 Kutipan Terbaik Novel The Alchemist Karya Paolo Coelho yang Fenomenal