Sukses

Beauty

5 Cara Merawat Kulit Wajah agar Tidak Kusam dan Tetap Cerah Alami

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti mendambakan kulit yang cerah dan berseri. Tetapi sering kali paparan sinar matahari dan radikal bebas, bisa membuat kulit wajah menjadi lebih gelap dan tampak kusam.

Kulit kusam bisa mengurangi rasa percaya diri pada perempuan. Kondisi kulit kusam ini terjadi karena terlalu banyak sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Sehingga kulit kusam harus dirawat dengan benar, agar kulit menjadi terlihat lebih cerah dan bersinar kembali.

Menjaga kulit agar tetap cerah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah merawat kulit wajah kusam dengan cara yang alami. Berikut 5 cara merawat wajah agar tidak kusam secara alami, serta tampak cerah secara alami, dilansir dari Liputan6.com:

 

Mencuci Wajah Secara Rutin

Cara merawat kulit wajah agar tidak kusam yang pertama, yaitu dengan cara mencuci wajah secara rutin. Kamu bisa mencuci wajah 2 hingga 3 kali saja dalam sehari.

Selain membantu membersihkan dari debu dan kotoran, mencuci wajah bisa membantu mengontrol minyak di kulit, menjaga kulit wajah tetap lembap, membuat kulit wajah cerat dan tampak lebih bercahaya.

Usahakan jangan menggunakan sabun cuci wajah yang mengandung alkohol, paraben atau parfum. Karena kandungan tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi iritasi, kering dan semakin kusam.

Mengonsumsi Air Putih

Kulit kusam bisa disebabkan karena kulit mengalami kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu, dengan mengonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas setiap harinya.

Air putih bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh, yang bisa membantu membuat kulit menjadi lebih cerah, produksi minyak lebih terkontrol dan membuat kulit wajah menjadi lebih lembap.

Sebaiknya kurangi minuman yang beralkohol dan bersoda, karena minuman tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kusam dan kering. Hindari minuman yang mengandung gula tambahan, selain menyebabkan kulit kusam, kandungan gula bisa menimbulkan jerawat di wajah.

Menggunakan Tabir Surya

Kulit kusam dapat disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari memang sangat berbahaya. Karena selain membuat kulit kusam, sinar matahari bisa membuat kulit menggelap, menjadi keriput dan muncul flek-flek hitam yang mengganggu penampilan.

Untuk mencegah hal ini, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 PA+++. Walaupun hanya di rumah saja, tabir surya juga harus digunakan setiap hari, setelah kamu menggunakan pelembap.

Tabir surya harus diulang pemakaiannya setiap 4 jam sekali. Tabir surya juga harus digunakan 30 menit sebelum kamu keluar rumah, agar tabir surya meresap kedalam kulit dan melindungi kulit secara maksimal.

 

Menggunakan Masker Alami

Masker Beras

Cara merawat wajah agar kulit tidak belang, bisa menggunakan masker alami yang terbuat dari beras. Masker beras ini sangat populer di dunia kecantikan. Tren masker beras ini berasal dari negara Jepang.

Masker beras ini berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati, membantu melembapkan kulit dan mencerahkan kulit wajah yang kusam. Masker wajah ini sangat cocok digunakan untuk segala jenis kulit, karena memiliki banyak manfaat.

Cara menggunakan masker ini sangat mudah. Kamu perlu merendam setengah cangkir beras dengan satu sangkir air selama sejam. Setelah air berubah warna menjadi putih, saring air dan ambil handuk kertas untuk ditaruh di dalam air beras, kemudian diletakkan pada wajah selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

Masker Telur dan Lemon

Cara merawat kulit wajah agar tidak kusam yang terakhir, yaitu menggunakan masker alami yang terbuat dari telur dan lemon. Kedua bahan ini merupakan bahan yang populer di dunia kecantikan, terutama untuk mencerahkan wajah yang kusam.

Kandungan yang terdapat di dalam lemon, sangat kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang mampu menangkal radikal bebas dan membantu mencerahkan kulit kusam secara alami. Sedangkan kandungan yang ada di dalam telur, bisa membantu membersihkan pori-pori agar terbebas dari komedo dan jerawat, serta membantu mengontrol produksi minyak di kulit.

Cara menggunakan masker ini sangat mudah, campurkan 2 butir telur dengan seperempat cangkir air lemon, lalu aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat.

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
50 Kata-kata Tentang Ikhlas yang Menentramkan Hati dan Pikiran
Artikel Selanjutnya
70 Kata-Kata Mutiara Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Semangat dan Motivasi