Sukses

Beauty

5 Kandungan Skincare untuk Kulit Berminyak

Fimela.com, Jakarta Sering kali memiliki kulit berminyak membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Kulit berminyak harus dirawat dengan menggunakan produk skincare yang tepat. Bukan hanya merek dan harga yang harus diperhatikan. Tetapi kandungan yang terdapat di dalam produk tersebut harus diperhatikan.

Ada berbagai macam kandungan bahan aktif yang ada di dalam produk skincare, yang baik digunakan untuk mengontrol produksi minyak yang ada kulit wajah. Produksi minyak wajah yang berlebihan, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam, muncul komedo dan menyebabkan jerawat.

Menurut Joshua Zeichner, MD yang merupakan seorang direktur di bidang cosmetic and clinical research, di Mount Sinai Medical Center Department of Dermatology, kulit berminyak harus dirawat menggunakan produk pelembap yang memiliki kandungan oil free Berikut kandungan skincare yang bisa digunakan untuk kulit berminyak:

Hyaluronic Acid

Salah satu penyebab kulit berminyak adalah karena kulit dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi ini disebabkan karena kadar cairan seperti air dan minyak tidak seimbang, sehingga membuat kulit memproduksi minyak berlebih, untuk melindungi lapisan kulit dari kekeringan.

Kandungan hyaluronic acid yang terdapat di dalam skincare, bisa membantu menghidrasi kulit, membantu menjaga kadar air dan minyak di kulit tetap seimbang, membuat kulit tetap lembap dan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Kandungan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini, seperti menjaga elastisitas kulit, mengurangi kerutan, menyamarkan garis halus dan membantu mencerahkan kantong mata yang gelap.

Dimethicone

Kandungan skincare yang kedua adalah dimethicone. Wajah berminyak memang terlihat lebih berkilau daripada kulit kering. Tetapi kondisi kulit ini membuat kulitmu terlihat lebih kusam.

Kulit berminyak juga membutuhkan pelembap, yang memiliki kandungan yang bisa membantu melembapkan kulit wajah, seperti kandungan dimethicone yang bagus untuk melembapkan kulit.

Di dalam dimethicone terdapat zat emollient yang bisa membantu mengontrol minyak, menguatkan lapisan kulit wajah, meregenerasi kulit dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Niacinamide

Kulit berminyak juga dapat dirawat dengan menggunakan kandungan niacinamide. Kandungan ini merupakan turunan dari vitamin B3, yang bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah dan membuat wajah tidak kusam.

Kulit berminyak bisa menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Kandungan ini bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat di wajah. Selain itu, kandungan ini bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membantu menghilangkan komedo.

Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah hiperpigmentasi pada kulit, menyamarkan flek hitam, menghilangkan bekas jerawat, membuat kulit wajah cerah dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Salicylic Acid

Kandungan yang cukup popular untuk mengontrol minyak di wajah adalah salicylic acid. Kandungan ini termasuk BHA yang sering direkomendasikan oleh ahli kulit, untuk membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah.

Tak hanya mengatasi jerawat, ternyata kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk kulit. Kandungan ini bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak di wajah, membuat kulit wajah lebih lembap dan terlihat cerah.

Kandungan ini juga bisa membantu menyembuhkan ruam pada kulit wajah, membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan mempercepat proses regenerasi pada kulit wajah.

Glycolic acid

Kandungan skincare untuk kulit berminyak yang terakhir adalah kandungan glycolic acid. Kandungan ini memiliki nama lain asam glikolat, yang merupakan turunan dari bahan aktif Alpha Hydroxy Acid atau AHA.

Kandungan ini sangat aman untuk digunakan setiap hari, karena terbuat dari gula alami, susu dan ekstrak buah-buahan.

Kandungan ini memiliki fungsi untuk mengontrol minyak, menghilangkan garis halus, mencegah munculnya jerawat, mencerahkan kulit dan melembapkan kulit wajah.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Buku Ensiklopedia untuk Anak yang Wajib di Baca
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Karang Gigi Menumpuk yang Sulit Dibersihkan