Sukses

Beauty

3 Cara Mudah Memperbaiki Skin Barrier dengan Kandungan Skincare yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Lapisan pelindung kulit atau skin barrier adalah lapisan pelindung yang harus dijaga dengan baik, agar tidak memicu munculnya masalah kulit akibat radikal bebas, yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Penyebab skin barrier rusak yang paling sering terjadi, yaitu salah menggunakan kandungan skincare atau terlalu sering menggunakan produk eksfoliasi. Jika skin barrier rusak, bisa menyebabkan masalah yang fatal untuk kulit.

Untuk menjaga skin barrier dan memperbaiki skin barrier yang rusak, kamu bisa menggunakan beberapa produk skincare yang tepat. Berikut cara mudah memperbaiki skin barrier yang rusak dengan skincare yang tepat, dilansir dari berbagai sumber:

Fungsi Skin Barrier

Skin barrier adalah lapisan kulit yang melindungi kulit dari segala masalah kulit. Skin barrier ini sering terlupakan dan tak dirawat dengan benar, padahal skin barrier ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk wajah.

Skin barrier memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, agar kulit tidak terkena masalah hiperpigmentasi pada kulit. Skin barrier juga memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas, yang bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Selain itu, skin barrier juga membantu melawan bakteri dan kuman yang menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Skin barrier juga bisa membantu melembapkan dan menjaga kadar air di dalam kulit wajah.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Kalau skin barrier rusak, kulit bisa mendapatkan pengaruh negatif dari berbagai macam faktor internal dan faktor eksternal, yang menyebabkan kulit wajah menjadi kemerahan, gatal-gatal, ruam dan muncul jerawat.

Skin barrier bisa rusak kalau terlalu sering mengeksfoliasi wajah. Walaupun eksfoliasi baik untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit, tetapi terlalu sering mengeksfoliasi wajah bisa membuat kulit menjadi sangat tipis dan mudah iritasi.

Terlalu sering mencuci wajah dan menggunakan facial wash yang bersifat basa, bisa membuat skin barrier menjadi rusak. Terlalu banyak menggunakan produk skincare, dan asal mencampur kandungan bahan aktif dalam skincare juga bisa merusak skin barrier.

Tak hanya itu saja, terlalu banyak pikiran dan perubahan cuaca yang tidak menentu, bisa menyebabkan skin barrier mudah rusak dan memunculkan jerawat serta tanda-tanda penuaan dini.

Memperbaiki Fungsi Skin Barrier

Cara pertama adalah memperbaiki fungsi skin barrier, dengan menggunakan kandungan kandungan skincare yang tepat. Kandungan yang bisa digunakan yaitu ceramide dan niacinamide.

Kandungan ceramide bisa membantu menyatukan lapisan kulit yang rusak. Kandungan ini mempercepat regenerasi lapisan kulit yang baru. Kandungan ini juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres.

Sedangkan kandungan niacinamide, adalah kandungan yang berfungsi untuk meregenerasi skin barrier, membantu menjaga kelembapan kulit, menghidrasi kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Menghidrasi Kulit

Cara yang kedua adalah menghidrasi skin barrier yang rusak. Skin barrier yang rusak akibat terlalu sering mengeksfoliasi wajah, bisa menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering. Kandungan skincare yang bisa menghidrasi skin barrier adalah hyaluronic acid, glycerin dan panthenol.

Kandungan hyaluronic acid sangat baik digunakan untuk menghidrasi skin barrier, karena bisa melembapkan kulit, menjaga kadar air di dalam kulit, menjaga sel kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan glycerin bisa mengunci kelembapan pada kulit wajah, menghidrasi kulit wajah, mencegah zat yang merusak kulit dan meningkatkan kadar air.

Sedangkan kandungan panthenol, membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit, untuk mencegah kerusakan pada skin barrier dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Menenangkan Iritasi

Cara yang terakhir adalah menenangkan kulit yang iritasi, yang disebabkan karena skin barrier yang rusak, dengan menggunakan kandungan skincare seperti aloe vera, centella asiatica dan calendula extract.

Kandungan aloe vera di dalam produk skincare, memiliki sifat sebagai antiseptik dan antiinflamasi, yang bisa menenangkan kulit iritasi dan mencegaha kemerahan di kulit wajah.

Kandungan centella asiatica adalah kandungan yang aman digunakan untuk segala jenis kulit. Kandungan daun pegagan ini, berfungsi untuk menyembuhkan luka, menenangkan kulit iritasi dan meningkatkan produksi kolagen.

Sedangkan kandungan calendula extract, juga membantu mengatasi kulit kemerahan, mempercepat regenerasi kulit dan mempercepat penyembuhan luka.

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
50 Kata-kata Tentang Ikhlas yang Menentramkan Hati dan Pikiran
Artikel Selanjutnya
70 Kata-Kata Mutiara Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Semangat dan Motivasi