Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat sudah sembuh, tetapi tetap meninggalkan bekas jerawat di kulit wajah. Kondisi kulit berjerawat membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Bekas jerawat membuat warna kulit terlihat kemerahan. Hal ini disebabkan karena pada saat kulit berjerawat, area kulit yang berjerawat mengalami peradangan. Kemudian pembuluh darah membesar dan merusak skin barrier.

Bekas jerawat merupakan masalah kulit yang lumayan susah untuk dihilangkan. Sahabat Fimela bisa menggunakan perawatan di klinik kecantikan untuk menyamarkan bekas jerawat, atau menggunakan produk-produk skincare, seperti serum yang mencerahkan kulit. Berikut serum untuk menghilangkan bekas jerawat:

Penyebab Bekas Jerawat (PIE)

Bekas jerawat yang mengalami kemerahan sering disebut dengan post inflammatory erythema (PIE). PIE adalah istilah yang digunakan untuk menyebut noda kemerahan di wajah. Hal ini disebabkan karena jerawat atau luka yang merusak kulit wajah.

Bekas jerawat yang kemerahan atau PIE, disebabkan karena kulit wajah mengalami trauma akibat adanya peradangan. Peradangan ini membuat pembuluh darah menjadi melebar dan membesar di bawah permukaan kulit wajah. Jika peradangan ini terkena sinar matahari, maka lama kelamaan akan membuat kulit tampak gelap dan muncul flek hitam.

Untuk menyamarkan bekas jerawat yang kemerahan, bisa menggunakan produk skincare seperti serum. Pastikan serum yang digunakan memiliki kandungan bahan aktif yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Kalau jerawat masih meradang, hindari penggunaan serum yang berfungsi untuk mencerahkan wajah.

Kandungan Bahan Aktif untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Niacinamide

Niacinamide atau vitamin B3, memiliki fungsi untuk mengatasi inflamasi yang terjadi pada peradangan jerawat. Kandungan ini bisa mempercepat penyembuhan luka, tanpa meninggal kan bekas di kulit wajah. Kandungan ini sangat baik untuk kulit berjerawat.

2. Vitamin C

Kandungan bahan aktif vitamin C yang terdapat di dalam serum, bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam kulit. Vitamin C kaya akan antioksidan yang mampu mengurangi stres oksidatif dan membantu menyamarkan bekas jerawat. Vitamin C ini mempercepat penyembuhan jerawat yang meradang.

3. Ceramide

Kandungan ceramide sering terdapat di dalam serum wajah. Kandungan ini bisa membantu memperkuat dan memperbaiki skin barrier. Kandungan ini juga bisa melindungi kulit dari ancaman kuman dan bakteri, yang memicu munculnya jerawat baru.

4. Green Tea Extract

Di dalam serum biasanya terdapat kandungan green tea extract. Seperti yang kita tau, teh hijau mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Sehingga sangat efektif jika digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.

5. Azelaic Acid

Kandungan bahan aktif yang terakhir yaitu azelaic acid. Kandungan ini merupakan asam dikarboksilat alami, yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antibakteri. Kandungan ini mampu mencegah peradangan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Rekomendasi Serum untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

Produk yang pertama adalah Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum yang sangat cocok untuk menghilangkan bekas jerawat. Produk yang dijual dengan harga Rp 115.000,00 ini, berfungsi untuk mencerahkan bekas jerawat, memperkuat skin barrier, mengurangi kemerahan dan menghaluskan tekstur kulit.

2. Elsheskin Vitamin C Serum

Produk yang selanjutnya adalah Elsheskin Vitamin C Serum. Produk ini dijual dengan harga kurang lebih RP 242.000,00 yang bisa membantu melembapkan kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat dan memperbaiki tekstur wajah.

3. Skin Inc Ceramide Serum

Skin Inc Ceramide Serum adalah serum yang dijual dengan harga sekitar Rp 620.000,00 dengan kandungan yang kaya dengan ceramide. Serum ini bisa membantu mencegah munculnya jerawat baru pada kulit, menguatkan skin barrier dan menghilangkan bekas jerawat.

4. Innisfree Green Tea Serum

Produk Innisfree Green Tea Serum adalah serum dengan harga sekitar Rp 110.000,00 yang berasal dari Korea Selatan. Serum dengan ekstrak teh hijau ini, sangat kaya dengan antioksidan yang membantu meregenerasi sel kulit dan mencerahkan wajah.

5. Geek & Gorgeous Apad 20% Azelaic Acid Derivative Serum

Serum yang terakhir adalah Geek & Gorgeous Apad 20% Azelaic Acid Derivative Serum. Serum ini memiliki fungsi sebagai antiinflamasi dan antibakteri, yang mencegah munculnya jerawat dan menghilangkan berkas jerawat. Serum ini dijual dengan harga sekitar Rp 180.000,00.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading