Sukses

Beauty

5 Kandungan Skincare yang Ampuh Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Fimela.com, Jakarta Ada begitu banyak pilihan di luar sana untuk soal perawatan flek hitam di wajah. Namun sepertinya sulit untuk memulai dari mana perawatan flek hitam yang harus dilakukan.

Beberapa dokter seperti dilansir dari Self mengungkapkan bagaimana penanganan flek hitam di wajah. Bisa dimulai dengan penyebabnya baru kemudian mencari produk yang tepat untuk menyamarkan bahkan menghilangkan flek hitam di wajah.

Untuk mencari seperti apa produk yang tepat untuk menghilangkan flek hitam di wajah, kamu bisa cek dari kandungan di dalamnya. Berikut beberapa kandungan dalam skincare yang ampuh menghilangkan flek hitam di wajah.

1. Vitamin C

Vitamin C dapat digunakan sebagai antioksidann topikal yang membantu menghalangi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada kulit. Hal ini juga menghambat proses enzimatif yang menghasilkan melanin pada kulit sehingga dapat membantu mengurangi warna gelap pada kulit. Vitamin C juga mencerahkan dan ditargetkan hanya pada area pigmentasi yang bermasalah.

 

2. Hidrokuinon

Dalam perawatan flek hitam, hidrokuinon telah menjadi standar selama lebih dari 50 tahun. Hidrokuinon bekerja dengan menghambat enzim yang disebut tirosinase yang membantu produksi melanin. Dalam beberapa kasus, efek hidrokuinon dapat dilihat hanya dalam dua minggu, Namun sebagian besar pengunaannya 8-12 minggu tergantung beberapa faktor.

Hidrokuinon dapat menyebabken kulit kering, kemerahan dan rasa terbakar yang mungkin menandakan reaksi alergi terhadap bahan tersebut. Sehingga disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu. Berbeda dengan vitamin C, hidrokuinon bekerja di area di mana ia diaplikaskan. Sehingga dapat memberikan efek di area yang tidak terdampak flek hitam.

3. Asam kojic

Berasal dari jamur atau beras fermentasi, asam kojic digunakan sebagai pencerah kulit dan paling baik digunakan bersama dengan hidrokuinon untuk hasil yang maksimal. Ia bekerja dengan menekan faktor kunci dalam aktivitas sel pigmen. Namun, asam kojic juga memiliki risiko alergi shingga kerap ditemukan dalam konsentrasi yang relatif rendah. Perlu wwaktu beberapa bulan memang untuk melihat manfaat penggunaan topikal asam kojic terhadap flek hitam.

 

4. Kedelai

Ekstrak kedelai telah terbukti secara penelitian membantu mencerahkan kulit. Kedelai bekerja sebagai pengobatan flek hitam dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit. Kamu bisa menemukan manfaat dari kedelai di sejumlah produk skincare mencerahkan kulit.

5. Asam azelaic

Bahan yang kurang dikenal ini menjadi perawatan yang kerap direkomendasikan oleh dokter kulit untuk mengatasi flek hitam di wajah. Asam azelaic merupakan ekstrak alami dari oat, gandum, dan gandum hitem yang menggangu produk pigmentasi abnormal.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Produk Kecantikan Kulit Wajah dengan Kandungan Deep Sea Water
Artikel Selanjutnya
5 Kiat Perawatan Kulit Anti Penuaan Sederhana dan Mudah Diterapkan Sehari-hari