Sukses

Beauty

5 Cara Menyembuhkan Blind Pimple yang Meradang

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang memiliki beberapa jenis. Salah satu jenisnya adalah blind pimple atau yang bisa disebut dengan jerawat tanpa mata. Sebenarnya blind pimple bisa disamakan dengan inflammatory acne, yaitu jerawat yang meradang tetapi tidak mengeluarkan nanah.

Jerawat jenis ini disebut sebagai jerawat tanpa mata, karena jerawat ini berada di bawah permukaan kulit, sehingga tidak terlihat ujung kepalanya atau tidak mengeluarkan nanah, tetapi tetap menyebabkan peradangan pada kulit wajah.

Blind pimple termasuk jenis jerawat yang susah untuk disembuhkan, sehingga bisa mengganggu penampilanmu sehari-hari. Untuk itu, Fimela akan memberikan 5 cara mudah untuk menyembuhkan blind pimple yang meradang:

 

Mengenal Blind Pimple

Blind pimple adalah jerawat yang terjadi di bawah permukaan kulit. Jerawat ini menyebabkan peradangan di area bawah kulit, dan tidak memunculkan nanah di atas permukaan kulit. Sehingga jerawat ini disebut dengan jerawat tanpa mata.

Jenis jerawat yang satu ini disebabkan karena adanya produksi minyak yang berlebih. Selain itu, kotoran, debu, sel kulit mati dan bakteri yang menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Usahakan untuk menghindari penyebab jerawat ini.

Jerawat ini terasa sangat sakit daripada jerawat pada umumnya. Karena muncul di bawah permukaan kulit dan bsia menyentuh saraf lainnya. Jika jerawat ini muncul di area kening dan kepala, akan menyebabkan sakit kepala atau pusing bagi penderitanya.

Proses Terbentuknya Blind Pimple

Sebenarnya blind pimple ini sering terjadi pada pemilik kulit berminyak. Hal ini disebabkan karena produksi minyak di wajah terlalu banyak. Bisa juga disebabkan akibat perubahan hormon, cuaca yang sering berubah, faktor keturunan dan penggunaan skincare yang kurang tepat.

Proses terbentuknya blind pimple ini, diawali dengan produksi minyak yang berlebih. Kemudian menyumbat di dalam pori-pori bersama dengan sel-sel kulit mati, debu dan kotoran. Kotoran di dalam pori-pori tersebut terinfeksi oleh bakteri, yang menyebabkan peradangan di dalam lapisan kulit, sehingga blind pimple muncul tanpa mengeluarkan nanah.

Cara Menyembuhkan Blind Pimple yang Meradang

1. Kompres dengan Air Dingin

Blind pimple adalah jerawat yang susah untuk disembuhkan, akibat jerawat ini muncul di bawah permukaan kulit. Karena blind pimple mengakibatkan peradangan di area kulit, kamu bisa menggunakan air dingin atau es batu, untuk mengompres area kulit yang meradang. Mengompres jerawat dengan es batu ini bisa mengurang rasa sakit dan menghilangkan kemerahan di wajah.

2. Lakukan Eksfoliasi

Proses penyembuhan jerawat ini juga lumayan lama dibanding dengan jenis jerawat lainnya. Jika memiliki blind pimple, lakukan eksfoliasi setiap seminggu 2 kali, untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Dengan menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan retinol, AHA dan BHA.

3. Gunakan Acne Spot Treatment

Agar jerawat lekas sembuh, oleskan acne spot treatment di area kulit yang muncul jerawat. Kamu bisa menggunakan acne spot treatment yang mengandung benzoyl peroxide, sulfur dan tea tree oil. Gunakan pada malam hari agar tidak mengiritasi kulit.

4. Gunakan Sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setiap 4 jam sekali di pagi dan siang hari. Untuk melindungi kulit yang berjerawat, dari paparan sinar matahari yang bisa merusak lapisan kulit. Sunscreen yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat yaitu yang mengandung SPF 30 PA++.

5. Menjaga Pola Hidup Sehat

Karena blind pimple disebabkan karena produksi minyak yang berlebih, maka cucilah wajah sehari 3 kali. Hindari makanan yang terlalu berminyak atau manis. Kemudian lakukan olahraga dan tidur yang cukup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading