Sukses

Beauty

5 Cara Mencegah Bruntusan di Dahi dan Rekomendasi Skincare

Fimela.com, Jakarta Bruntusan di dahi bisa membuat penampilanmu terganggu dan membuat rasa percaya diri menurun. Karena bruntusan bisa membuat tekstur dahi menjadi tidak rata. Bahkan warna dahi menjadi kemerahan dan terasa sakit saat disentuh.

Bruntusan adalah salah satu jenis jerawat yang meradang. Selain terdapat di dahi, bruntusan juga bisa muncul di area pipi, dagu, kulit daerah rahang dan di punggung. Bruntusan bisa membuat kulit terasa gatal, tetapi jika disentuh atau digaruk akan membuat bruntusan menjadi menyebar ke area kulit lainnya.

Sering kali sebagian orang menganggap, kalau bruntusan di dahi disebabkan karena keringat dan kotoran pada rambut. Bruntusan di dahi ini bisa dihilangkan denganĀ skincareĀ yang tepat. BerikutĀ rekomendasi krim malam untuk menghilangkan bruntusan di dahi:

Penyebab Bruntusan di Dahi

Bruntusan adalah salah satu masalah kulit, yang penyebabnya hampir sama dengan jerawat pada umumnya. Jerawat disebabkan karena adanya penyumbatan kotoran, sel kulit mati atauĀ sebum,Ā yang terdapat di dalam pori-pori dan terinfeksi oleh bakteri jerawat.

Bruntusan ini juga bisa disebabkan karena kulit mengalami alergi kulit, iritasi kulit, dan dermatitis. Jerawat terjadi karena ada peradangan pada folikel rambut, keratosis seboroik dan lain sebagainya.

Bruntusan di dahi juga bisa disebabkan karena perubahan hormon yang tak menentu dan terlalu banyak pikiran. Salah menggunakan produkĀ skincareĀ dan kurang bersih saat membersihkanĀ makeupĀ akan memperburuk kondisi wajah. Apalagi jika sering mengonsumsi makanan yang terlalu berminyak, sering menyentuh dahi dengan tangan, jarang mencuci rambut dan jarang mencuci helm.

Cara Mencegah Bruntusan di Dahi

1. MelakukanĀ Double Cleansing

Untuk mencegah munculnya bruntusan di dahi, kamu bisa melakukanĀ double cleansingĀ di malam hari. Langkah pertama gunakanĀ micellar water, cleansing oilĀ atauĀ cleansing balmĀ untuk mengangkatĀ makeupĀ dan kotoran yang menempel di kulit. Kemudian gunakanĀ facial washĀ yang teksturnyaĀ foamĀ danĀ gentleĀ untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran.

2. Eksfoliasi

Setiap seminggu 2 kali, lakukan eksfoliasi untuk mencegah terjadinya bruntusan di area dahi. Eksfoliasi dilakukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, mengontrol produksi minyak di wajah, mencerahkan wajah, meremajakan kulit dan membersihkan komedo.

3. Gunakan Pelembap

Walaupun bruntusan sering disebabkan karena kondisi kulit wajah berminyak, tetapi Sahabat Fimela harus tetap menggunakan pelembap, untuk membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah. Pelembap juga membantu memperbaiki teksturĀ skin barrierĀ yang rusak akibat bruntusan.

4. Gunakan Sunscreen

Saat pagi hari, gunakanĀ sunscreenĀ dengan kandungan minimal 30 SPF.Ā SunscreenĀ ini bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mencegah hiperpigmentasi dan mempercepat penyembuhan jerawat. Cara menggunakanĀ sunscreenĀ yang benar yaituĀ setiap 4 jam sekali, gunakan 30 menit sebelum menggunakanĀ makeupĀ dan tetap menggunakanĀ sunscreenĀ walaupun di dalam rumah.

5. Gunakan Makeup Non Comedogenic

Cara terakhir untuk mencegah bruntusan di dahi, yaitu menggunakanĀ makeupĀ yang memiliki klaimĀ non comedogenic.Ā MakeupĀ jenis ini aman digunakan untuk kulit berminyak cenderung berjerawat, karena bisa mengontrol minyak di kulit dan tidak menyebabkan wajah berkomedo.

Rekomendasi Krim Malam

1.Ā Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream

Ketika bruntusan di dahi muncul, kamu bisa menggunakanĀ Safi White Expert Oil Control & Anti Acne Cream.Ā Krim yang satu ini bisa membantu menyembuhkan bruntusan, dengan kandunganĀ mineralĀ zincĀ danĀ absorbent yang bisa mengontrol produksi minyak. Produk ini dijual dengan harga Rp 40ribuan.

2.Ā ElsheSkin Acne Night Treatment

ElsheSkin Acne Night Treatment adalah krim malam yang bisa menghilangkan bruntusan di dahi. Produk ini memiliki kandunganĀ salicylic acid, lactic acidĀ danĀ multi fruit AHA.Ā Produk ini dijual dengan harga berkisar Rp 85ribuan.

3.Ā Mineral Botanica Face Acne Care Night Cream

Krim malam yang selanjutnya adalahĀ Mineral Botanica Face Acne Care Night Cream. Produk ini memiliki kandungan antibakteri yang bisa menghilangkan bruntusan dan mencegah munculnya jerawat baru. Selain itu, produk ini juga memiliki kandunganĀ asam salisilat yang mempunyai senyawa antiinflamasi, untuk mencegah peradangan dan mengontrol produksi minyak. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 40ribuan.

4.Ā Himalaya Herbals Revitalizing Night Cream

Produk yang selanjutnya adalahĀ Himalaya Herbals Revitalizing Night Cream. Produk ini bisa memberikan nutrisi pada kulit wajah, agar terhindar dari bruntusan di dahi. Produk ini diperkaya dengan kandungan antioksidan, yang bisa meremajakan kulit, melindungi kulit dari radikal bebas dan memperbaiki jaringan kulit. Harga produknya yaitu Rp 45ribuan.

5.Ā Innisfree Bija Trouble Gel Cream

Rekomendasi produk yang terakhir yaituĀ Innisfree Bija Trouble Gel Cream. Produk krim malam yang bertekstur gel krim ini, memiliki kandungan bija danĀ salicylic acid yang bisa mengontrol produksi minyak, mencegah jerawat dan melembapkan kulit. Produk ini dijual dengan harga Rp 220ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading