Sukses

Beauty

5 Cara Memilih Parfum yang Aromanya Menyegarkan dan Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki aroma tubuh yang berbeda-beda. Tetapi bau badan yang tidak sedap bisa mengganggu penampilan. Sehingga banyak orang yang memilih menggunakan parfum, untuk membuat aroma tubuh lebih wangi.

Parfum adalah minyak wangi yang bisa di gunakan di tubuh atau pakaian. Parfum memiliki kandungan alkohol, minyak esensial, senyawa aroma, fiksatif dan pelarut. Sehingga bisa membuat aroma tubuh menjadi segar dan wangi.

Parfum memiliki beberapa jenis yang ketahanan aromanya berbeda-beda. Jenis parfum yaitu ekstrak parfum, eau de parfum, eau de toilette dan eau de cologne. Untuk mendapatkan aroma parfum yang menyegarkan dan tahan lama, berikut cara memilih parfum, yang aromanya menyegarkan dan tahan lama:

Jenis Parfum

1. Ekstrak Parfum

Jenis ekstrak parfum adalah parfum yang memiliki kandungan minyak esensial sebanyak 20 hingga 40persen. Parfum ini aromanya kuat dan tahan lama. Karena kandungan minyak esensialnya banyak, sehingga tidak mudah menguap aromanya.

2. Eau De Parfum

Banyak orang menyukai parfum jenis eau de parfum. Jenis eau de parfum memiliki kandungan minyak esensial sebanyak 10 hingga 15 persen. Jenis parfum ini bisa bertahan sampai 6jam.

3. Eau De Toilette

Parfum jenis eau de toilette adalah parfum yang mengandung alkohol ringan. Terdapat kandungan minyak esensial sebanyak 4 hingga 10 persen. Parfum ini tahan selama 3 jam saja.

4. Eau De Cologne

Jenis parfum eau de cologne memiliki kandungan alkohol yang lebih banyak, daripada kandungan minyak esensial di dalamnya. Parfum ini mudah menguap dan tahan selama 2 jam saja. Sehingga aromanya kurang bertahan lama di pakaian.

Cara Memilih Parfum

1. Memilih Jenis Parfum

Cara memilih parfum yang pertama adalah memilih jenis parfum yang tepat. Jenis parfum dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan harianmu. Contohnya, kalau kamu akan bekerja bisa menggunakan parfum eau de parfum, kalau di rumah saja bisa menggunakan parfum eau de cologne.

2. Pilih Sesuai Aroma yang Disukai

Kalau kamu menyukai aroma parfum yang sejenis, kamu bisa memilih aroma parfum dengan bahan dasar yang sama. Contohnya seperti aroma bunga, kayu atau aroma buah citrus. Aroma ini bisa menyegarkan dan menenangkan.

3. Mencoba Aroma yang Ringan Terlebih Dahulu

Saat memilih aroma parfum, kamu bisa mencoba aroma parfum yang ringan seperti citrus. Kemudian cobalah parfum yang aromanya kuat seperti bunga. Ada banyak macam aroma bunga yang bisa kamu gunakan.

4. Jangan Mencoba Banyak Parfum

Agar parfum yang dipilih sesuai dengan aroma kesukaanmu, jangan mencoba banyak aroma parfum yang berbeda-beda. Cobalah maksimal 3 parfum saja, agar tidak bingung menentukan aroma. Kamu juga bisa memberi jeda waktu selama 15 menit, untuk mencoba aroma parfum yang lainnya.

5. Coba Di Area Tubuh Tertentu

Pada umumnya, orang-orang mencoba parfum di area pergelangan tangan. Selain itu, kamu juga bisa mencoba parfum di area belakang daun telinga, area bawah tenggorokan, bagian dalam siku dan lutut. Penggunaan kulit di kulit akan bertahan lebih lama daripada di pakaian.

Tips Menyimpan Parfum

Agar aroma parfum lebih tahan lama dan tetap menyegarkan, kamu bisa menyimpan parfum di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Simpan juga parfum di ruangan dengan udaranya sejuk dan tidak lembap. Sehingga aroma parfum akan bertahan lebih lama.

Karena parfum memiliki kandungan alkohol, jadi jangan taruh parfum di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Hindari juga menaruh parfum di dalam kamar mandi yang udaranya sangat lembap. Hal ini akan membuat alkohol dalam parfum menjadi menguap.

Jangan lupa untuk selalu menutup botol parfum. Parfum yang tidak ditutup bisa menguap, aromanya mudah hilang, cairannya menjadi oksidasi dan mudah kedaluwarsa. Hindari mencampur aroma parfum yang berbeda-beda.

Cara Menggunakan Parfum

Cara menggunakan parfum agar aromanya tetap menyegarkan dan tahan lama, bisa disemprotkan di area nadi. Area tersebut seperti pergelangan tangan, area belakang daun telinga, area bawah tenggorokan, bagian dalam siku dan lutut. Area nadi memiliki suhu yang hangat dan membuat parfum tahan lebih lama.

Semprotkan juga parfum di seluruh pakaian. Karena serat kain pada pakaian bisa mengikat aroma parfum. Hal ini dilakukan agar aromanya tidak mudah hilang bahkan setelah pakaian dicuci.

Sebelum menggunakan parfum di area nadi, kamu juga bisa menggunakan lotion atau pelembap tanpa wangi-wangian. Cara ini akan menahan aroma parfum pada kulit yang lembap. Kamu juga bisa melakukan tes alergi sebelum menggunakan parfum di kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading