Sukses

Beauty

9 Tips Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Rekomendasi Samponya

Fimela.com, Jakarta Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang sering dialami oleh orang dewasa. Ketombe merupakan serpihan kulit yang warnanya putih dan keabu-abuan, yang biasanya menempel di rambut dan jatuh di area bahu.

Ketombe bisa disebabkan karena salah memilih produk sampo, kulit kepala kering, iritasi di kulit kepala, tumbuhnya jamur di kulit kepala, rambut terlalu berminyak dan masih banyak lagi.

Walaupun ketombe bukan kondisi medis yang berbahaya, tetapi ketombe bisa menyebabkan rasa percaya diri menurun, rambut terlihat kusam dan gatal di area kulit kepala.

Ketombe bisa dihilangkan dengan perawatan rambut yang tepat. Sahabat Fimela bisa menghilangkan ketombe dengan bahan alami maupun sampo anti ketombe. Berikut tips menghilangkan ketombe secara alami dan rekomendasi samponya:

Tips Menghilangkan Ketombe dengan Bumbu Dapur

Tak perlu bingung untuk menghilangkan ketombe. Kamu bisa menggunakan beberapa bumbu yang ada di dapur untuk menghilangkan ketombe. Berikut tipsnya:

Bawang Merah

Bawang merah merupakan bumbu dapur, yang bisa dijadikan sebagai obat menghilangkan ketombe. Caranya dengan menghaluskan bawang merah yang sudah dikupas kulitnya, kemudian meratakan bawang merah ke kulit kepala, diamkan maksimal 10 menit dan bilas sampai bersih.

Garam

Selain digunakan sebagai penyedap rasa, tekstur garam yang kasar bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dan mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan menggosokkan garam secara langsung di kulit kepala, lalu diamkan sebentar dan bilas sampai bersih.

Cuka

Bumbu dapur yang selanjutnya adalah cuka. Cuka memiliki kandungan senyawa alami yang bisa membantu menghilangkan ketombe. Caranya dengan mengoleskan 1sdt cuka ke kulit kepala, pijat sebentar dan diamkan selama 5 menit, kemudian bilas kulit kepala sampai bersih.

Tips Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Alami

Selain menggunakan bumbu dapur, ketombe di kulit kepala juga bisa dihilangkan dengan minyak alami. Berikut tips menghilangkan ketombe dengan minyak alami:

Minyak Zaitun

Minyak alami yang bisa membantu menghilangkan ketombe adalah minyak zaitun. Minyak ini bisa melembapkan kulit kepala, sehingga mencegah munculnya ketombe di kulit kepala yang kering. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke area kulit kepala, kemudian pijat-pijat sampai minyak zaitun meresap, diamkan selama 30menit dan bilas dengan air hangat.

Minyak Almond

Minyak alami yang selanjutnya adalah minyak almond. Minyak almond dijadikan sebagai antioksidan alami, yang bisa membantu menghilangkan ketombe. Caranya dengan memijat kulit kepala dengan minyak almond, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas sampai bersih.

Minyak Kemiri

Tips menghilangkan ketombe dengan minyak alami yang terakhir, yaitu menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri sering dijadikan sebagai penyubur rambut, membuat rambut lebat dan menutrisi kulit kepala yang kering. Aplikasikan minyak kemiri selama 30menit sebelum keramas, lalu pijat-pijat sampai minyak meresap dan bilas dengan air hangat.

Tips Menghilangkan Ketombe dengan Tumbuhan Herbal

Tips menghilangkan ketombe secara alami yang terakhir, yaitu menggunakan tumbuhan-tumbuhan yang herbal dan berkhasiat. Berikut tumbuhan herbal yang bisa menghilangkan ketombe:

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tumbuhan herbal yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C, yang bisa membantu menghilangkan ketombe dan menjaga kesehatan rambut. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh kulit kepala, lalu pijat sampai gel meresap dan diamkan selama 30menit, bilas dengan air dingin.

Daun Sirsak

Tumbuhan herbal yang selanjutnya adalah daun sirsak. Daun sirsak ini memiliki senyawa acetogenin, yang bisa membantu membasmi kutu rambut, menghilangkan ketombe dan menghilangkan racun. Tumbuk daun sirsak dan berikan sedikit air, lalu oleskan pasta daun sirsak ke area kulit kepala sambil dipijat. Diamkan selama 30menit dan bilas sampai bersih.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah yang diperkaya dengan kandungan vitamin C dan antioksidan, yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit dan rambut. Sehingga jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit kepala, pijat dan tunggu selama beberapa menit, bilas sampai bersih.

Rekomendasi Sampo Anti Ketombe

1. Erhair Scalp Care Shampoo

Rekomendasi sampo yang pertama adalah Erhair Scalp Care Shampoo. Sampo ini memiliki kandungan climbazole dan piroctone olamine, yang bisa membantu membunuh jamur penyebab ketombe. Sedangkan kandungan aloe vera dan pro vitamin B5 bisa membantu melembapkan rambut. Harga sampo ini sekitar Rp 130ribuan.

2. Selsun Blue

Sampo Selsun Blue juga bisa membantu mengatasi ketombe. Sampo ini memiliki efek menthol yang sejuk, dengan kandungan 1% selenium sulfida yang bisa menghilangkan ketombe, dan lidah buaya yang bisa menebalkan rambut. Sampo ini dijual dengan harga sekitar Rp 50ribuan.

3. Rudy Hadisuwarno Dandruff Defense

Rekomendasi sampo anti ketombe yang selanjutnya, yaitu Rudy Hadisuwarno Dandruff Defense. Sampo ini memiliki fungsi untuk menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok dan menguatkan akar rambut. Sampo ini dijual dengan harga sekitar Rp 30ribuan.

4. Natur Shampoo Tea Tree Oil

Sampo dari Natur Shampoo Tea Tree Oil juga bisa membantu menghilangkan ketombe. Kandungan tea tree oil membantu membunuh jamur penyebab ketombe, membasmi kutu rambut dan melembapkan kulit kepala yang kering. Harga produk ini sekitar Rp 25ribuan.

5. Wardah Anti Dandruff Shampoo

Rekomendasi sampo anti ketombe yang terakhir, yaitu Wardah Anti Dandruff Shampoo. Sampo ini diperkaya dengan kandungan tea tree oil dan zinc actives yang efektif mengusir ketombe dan membuat rambut terasa lebih segar. Harga sampo ini sekitar Rp 20ribuan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tanda Kulit Mengalami Dehidrasi yang Harus Segera Diatasi
Artikel Selanjutnya
15 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi untuk Diet, Cocok Dikonsumsi Sehari-hari