Sukses

Beauty

3 Tips Menghilangkan Jerawat Punggung yang Membandel dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Jerawat tidak hanya muncul di area wajah saja. Jerawat bisa muncul di area punggung dan bahu, yang bisa membuat tidur menjadi tidak nyaman dan penampilan menjadi terganggu.

Area punggung bisa terkena jerawat, karena di area punggung terdapat banyak kelenjar sebaceous yang merupakan kelenjar penghasil minyak alami. Ketika kelenjar ini menghasilkan terlalu banyak minyak alami, maka minyak akan menyumbat pori-pori di punggung dan memicu munculnya jerawat yang membandel.

Selain disebabkan karena pori-pori tersumbat minyak alami, jerawat di punggung juga bisa disebabkan karena berbagai macam hal, seperti kurang menjaga kebersihan dan pola makan yang kurang dijaga.

ama halnya dengan jerawat di wajah, jerawat yang muncul di area punggung bisa diobati dengan cara yang alami maupun menggunakan skincare yang mengandung bahan aktif. Berikut tips menghilangkan jerawat punggung yang membandel dengan bahan alami, serta rekomendasi produk skincare untuk jerawat punggung, dilansir dari Brilio.net:

Penyebab Jerawat Punggung

Penyebab utama munculnya jerawat di area punggung, yaitu disebabkan karena produk minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous yang berlebihan, sehingga membuat pori-pori menjadi tersumbar dan memicu munculnya jerawat di area punggung.

Jerawat punggung juga bisa muncul akibar perubahan hormon yang berubah-ubah, faktor keturunan atau genetika, tidak membersihkan area punggung sampai bersih, terlalu sering menggunakan body scrub dan tidak mengganti pakaian setelah berkeringat.

Selain itu, jarawat punggung juga disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antidepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormon atau pil KB. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan berlemak juga bisa menjadi penyebab jerawat punggung. 

Tips Menghilangkan Jerawat Punggung dengan Bahan Alami

Jerawat punggung yang membandel bisa diatasi dengan berbagai macam bahan-bahan alami, yang mudah ditemukan di rumah dan harganya terjangkau. Kalau rutin merawat area punggung, maka jerawat punggung yang membandel akan segera teratasi. Berikut tipsnya:

1. Minyak Pohon Teh

Bahan alami yang pertama adalah minyak pohon teh. Minyak pohon teh ini merupakan minyak alami yang mengandung sifat antiinflami dan antibakteri, yang bisa mengurangi jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru.

Cara menggunakannya dengan mengaplikasikan 7 tetes minyak pohon teh yang dicampur 1 tetes minyak kelapa, lalu gosokkan ke area punggung di malam hari, dan bersihkan dengan sabun mandi di esok hari.

2. Lidah Buaya

Bahan alami yang selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan antiinflamasi, yang bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh punggung yang sudah dibersihkan, selama 30 menit sebelum mandi di sore hari. Cara ini bisa dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu.

3. Lemon

Air perasan jeruk lemon juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat di area punggung. Karena air perasan jeruk lemon mengandung antioksidan dan vitamin C.

Gunakan kapas yang sudah direndam dengan air perasan jeruk lemon, lalu oleskan ke seluruh area punggung yang terdapat jerawat. Lalu bilas saat mandi sampai bersih.

 

Rekomendasi Produk untuk Menyembuhkan Jerawat Punggung

1. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Rekomendasi produk yang selanjutnya adalah Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel. Produk ini memiliki kandungan yang diperkaya dengan aloe vera, yang bisa mengurangin inflamasi pada jerawat di punggung. Harga produk ini sekitar Rp 110ribuan.

2. Acnes Sealing Gel

Gel jerawat dari Acnes Sealing Gel ini, juga bisa membantu mengatasi jerawat membandel yang ada di punggung. Karena memiliki kandungan Salicylic Acid, yang baik untuk mengontrol produksi minyak dan mengeringkan jerawat. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 15ribuan.

3. Erha21 Acne Care Lab Acne Back Spray

Produk dari Erha21 Acne Care Lab Acne Back Spray memiliki bentuk botol spray, yang mudah digunakan mengobati jerawat di punggung. Produk ini mengandung salicylic acid, zinc gluconate, allantoin, aloe vera dan witch hazel. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 80ribuan.

4. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash

Jerawat punggung juga bisa disembuhkan dengan sabun mandi dari The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash, yang diperkaya dengan kandungan tea tree oil yang mampu mempercepat pengeringan jerawat. Produk ini dijual dengan harga Rp 129ribuan.

5. Céleteque Dermo Back Acne Spray

Rekomendasi produk yang terakhir adalah Céleteque Dermo Back Acne Spray. Produk ini memiliki kandungan salicylic acid dan niacinamide, yang bisa mengurangi peradangan dan mengontrol produksi minyak di punggung. Harga produk ini sekitar Rp 145ribuan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Karang Gigi Menumpuk yang Sulit Dibersihkan
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Penyakit Alzheimer yang Patut Diwaspadai, Kenali Gejalanya