Sukses

Beauty

Mengenal Konsep Hybrid dalam Produk Kecantikan Korea di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Demam Korea Selatan tidak hanya mempengaruhi industri hiburan. Dunia kecantikan Korea Selatan pun kini banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, K-Beauty, sebutan untuk dunia dan produk kecantikan Korea, menciptakan perubahan di bidang tata rias dan perawatan kulit dunia.

Tren gaya makeup natural ala bintang K-Pop hingga 10 Step Skincare Routine menjadi hits di dunia kecantikan Indonesia. K-Beauty sendiri memiliki fokus pada pengenalan bahan dasar dermatologis yang lebih efektif.

Didukung oleh kemasan produk yang unik, formula yang lebih sederhana namun efektif dan inovatif menjadi inspirasi produk makeup dan skincare tanah air. Terlebih dengan harga yang lebih terjangkau, produk kecantikan Korea mengubah dan memperluas preferensi dan selera global dalam memilih produk.

Di masa COVID-19, K-Beauty terus bermunculan yang menginspirasi merek kecantikan lokal. PT. Cosmax Indonesia sendiri akhirnya memperkenalkan konsep Hybrid yang berarti penggabungan atau pencampuran.

 

Mengenal konsep Hybrid

Kata "Hybrid" pun merupakan singkatan dari beberapa istilah. Apa saja?

  1. Hibrida yang berarti inovasi penggabungan dua elemen, yakni makeup dan skincare dalam satu produk.
  2. Young berarti arakteristik yang terkesan ‘muda’, unik, minimalis, dan enerjik.
  3. Be Quick berarti kecepatan, kepraktisan, dan kemudahan dalam memperoleh serta menggunakan produk.
  4. Reasonable yang berarti harga produk yang relatif sesuai, wajar, dan terjangkau
  5. Idol yang artinya Inspirasi yang diperoleh dari gaya bintang atau idol yang saat ini terkenal di Indonesia.
  6. Derma yang merupakan ebutuhan atas formula dan bahan dasar dermatologis yang lebih stabil, aman, bersih, dan nyaman digunakan.

Istilah ini pada akhirnya mendeskripsikan karakter dari K-Beauty itu sendiri, yakni produk kecantikan yang memiliki inovasi tinggi, muda, praktis, aman, terjangkau, dan dapat menginspirasi dunia kecantikan dalam waktu lama.

 

Contoh produk Hybrid

“Dengan memperkenalkan istilah HYBRID, PT Cosmax Indonesia bertujuan untuk mengedukasi konsumen untuk mengetahui secara jelas definisi dan karakteristik dari K-Beauty, yang mana hal ini dapat digunakan untuk menginspirasi perkembangan industri kecantikan Indonesia. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang K-Beauty, produk kosmetik lokal dapat menyerap serta ‘menggabungkan’ inovasi K-Beauty dengan inovasi lokal, yang dapat mendorong pemanfaatan bahan dan sumber daya lokal pada bidang pengembangan produk kosmetika dalam negeri.” Jelas Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia.

Hadirnya istilah Hybrid ini diharapkan dapat memicu para pelaku industri kecantikan utnuk menghadirkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Dengan tetap memperhatikan kualitas dan karakteristik serupa K-Beauty.

Beberapa produk hybrid yang kini sudah banyak beredar di masyarakat di antaranya, tinted moisturizer, tinted sunscreen, serum concealers, dan masih banyak lagi.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Karakter Produk Kecantikan Korea yang Jadi Inspirasi Industri Kecantikan Lokal
Artikel Selanjutnya
6 Cara Menjaga Lingkungan dari Kerusakan Melalui Produk Kecantikan yang Digunakan